Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Desa Wisata Cepogo, Sentra Kerajinan Tembaga Dan Kuningan Kualitas Ekspor

0

METROJATENG.COM, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali dikenal sebagai salah satu penghasil kerajinan tembaga dan kuningan terbaik. Produksi kerajinan ini, salah satunya berada di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo.

Memasuki desa wisata ini, deretan kerajinan tembaga dan kuningan dengan kualitas ekspor terlihat berjeje, baik di rumah-rumah warga ataupun di pasar.

Desa Cepogo terdiri dari 16 Dukuh. Sejarah Desa Cepogo tidak terlepas dari Dukuh Tumang sebagai pusat pemerintahan desa.  Nama Dukuh Tumang merupakan lokasi industri kerajinan logam yang dikenal di masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri dibanding nama Cepogo sendiri.

Keahlian masyarakat Tumang dalam membuat kerajinan logam telah ada sejak ratusan tahun lalu. Dalam perkembangannya, pengrajin kerajinan logam dapat dijumpai di seluruh wilayah Desa Cepogo.

Kerajinan logam Desa Cepogo berbahan utama tembaga dan kuningan. Jenisnya pun sangat beragam, ada lampu gantung, hiasan dinding, perabot rumah tangga, kaligrafi, dan lain-lain. Pelanggan bisa memilih produk ready stock atau make to order.

Pembuatan kerajinan logam melalui beberapa tahap, mulai dari membuat sketsa, njabung (membuat alas), memahat atau mengukir logam, pembentukan, hingga finishing. Jika ingin melihat langsung proses pembuatannya, pengunjung dapat mendatangi pengrajin yang memiliki showroom dan workshop dalam satu lokasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.