Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

BNPB Ingatkan Pemudik Untuk Cermati Peta Rawan Bencana

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto S.Sos. MM mengingatkan pemudik untuk terus waspada dan mencermati peta rawan bencana yang telah disebarkan BNPB.

“BNPB telah sebarkan peta rawan bencana, pahami betul daerah-daerah yang rawan banjir, longsor dan cuaca ektrem. Setiap daerah sudah ada datanya sehingga ketika bergerak dari satu titik ke tiik lain betul-betul waspada jangan sampai kejadian kecelakaan akibat kondisi alam menjadi pengalaman baik agar tidak terjadi”, jelasnya.

Suharyanto menyatakan, BNPB telah mengeluarkan dasbor sistem informasi ‘Peta Mudik Siaga Bencana’ yang bisa diakses melalui tautan https://bit.ly/PetaMudikAman2024. Pada tautan tersebut terdapat informasi seputar wilayah yang rawan banjir, longsor serta cuaca ekstrim pada masing-masing kabupaten/kota, bahkan hingga level kecamatan dan desa. Terdapat pula informasi tentang jalan, mulai dari jalan tol, jalan arteleri, jalan dua jalur tanpa pemisah fisik dan lainnya.

“Cermati peta rawan bencana terlebih dahulu, sehingga perjalanan bisa dipersiapkan dengan lebih matang”, pesannya.

Suharyanto menambahkan, BNPB bersama BPBD di masing-masing wilayah telah menggelar posko di beberapa lokasi di sepanjang Pulau Jawa, Sumatera dan Bali dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan antisipasi bencana pada saat libur lebaran tahun 2024 ini.

“Apabila lelah di jalan ada posko-posko BNPB BPBD yang sudah digelar di sana, juga bisa memberikan bantuan apabila ada kondisi-kondisi mendesak”, tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.