Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pesona Gunung Gandul Wonogiri yang Tak Lekang Oleh Waktu

0

METROJATENG.COM, WONOGIRI – Meskipun keramaian pengunjung tidak lagi seperti saat belum ada Waduk Gajah Mungkur, namun pesona Gunung Gandul Wonogiri tetap melekat. Pernah mengalami kebakaran hutan pada bulan Agustus 2023 lalu, Gunung Gandul tetap menjadi salah satu wisata iconik Wonogiri.

Terletak di perbukiran  yang berada di tengah Kota Wonogiri, tempat ini sangat  ini cocok untuk bersantai bersama keluarga menghabiskan liburan. Dari puncak gunung ini, kita bisa melihat keelokan panorama kabupaten ujung tenggara Jateng tersebut. Melalui puncak gunung itu, pengunjung bisa menikmati panorama indah ke seluruh penjuru mata angin.

Bentang alam Wonogiri berupa perkotaan, bukit, hutan, dan waduk bisa dinikmati dari tempat yang tak jauh dari pusat kota Wonogiri ini kala siang. Sementara saat malam, city light Wonogiri menambah romantis dan memanjakan mata pengunjung.

Berada di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut (mdpl), objek wisata Gunung Gandul bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 menit dari pusat kota Wonogiri.

Saat ini Gunung Gandul sudah dilengkapi dengan beberapa spot selfie dan area outbond.  Ada juga area Gunung Gandul Hill Top yang bisa digunakan sebagai area camping. Sedikitnya ada tiga lokasi camping ground, dimana tiap area camping bisa menampung hingga belasan tenda.

Wisatawan hanya perlu membayar retribusi senilai Rp10.000 untuk bisa menikmati Wonogiri dari ketinggian selama semalam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.