Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

2.087 Pemudik Sepeda Motor Tiba di Tanjung Emas Semarang

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Sebanyak 2.087 pemudik serta 889 unit sepeda motor, Sabtu (6/4/2024) tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kedatangan pemudik yang menggunakan Kapal Pelni KM Dobonsolo ini disambut oleh Sekda Pemprov Jateng, Sumarno.

Sumarno mengatakan, program mudik gratis bagi pemudik sepeda motor melalui jalur laut inii diselenggarakan Kementrian Perhubungan bersama PT Pelni guna menekan angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik Lebaran ini. Sebab, berdasarkan hasil evaluasi, kasus kecelakaan pemudik sepeda motor selama arus mudik dan balik Lebaran sangat tinggi.

“Kecelakaan pemudik sepeda motor selalu mendominasi, karena itu sebagai upaya menekan angka kecelakaan, diselenggarakan mudik gratis beserta dengan sepeda motornya melalui jalur laut”, terangnya.

Para pemudik sepeda motor ini diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Sesampai di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, mereka bisa langsun mengambil sepeda motor dan meneruskan perjalanan menggunakan sepeda motor tersebut.

“Mereka semua pemudik asal Jateng, sehingga perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju kampung halaman masing-masing tidaklah sejauh dari Jakarta ke Semarang. Diharapkan, mereka bisa berkendara dengan aman sampai ke tempat tujuan, karena kondisi tubuh juga tidak lelah, terlihat dari wajah mereka yang tidak tampak lelah saat turun dari kapal. Artinya mereka merasa nyaman selama perjalanan di kapal”, tuturnya.

Salah seorang peserta mudik gratis, Sutrisno asal Sukoharjo mengaku, sangat senang mengikuti program mudik gratis melalui jalur laut. Sebab ia bisa memangkas biaya mudik, bahkan mendapatkan makan, minum, doorprize, serta bisa beristirahat dengan nyaman selama perjalanan.

“Saya sudah sering ikut mudik gratis naik kapal laut, mungkin sejak tahun 2013. Dari pada naik motor mendingan pakai kapal bisa tidur nyaman”, tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.