Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Hingga Minggu Sore, Pencarian ABK Kapal Kilat Maju Jaya 7 Belum Ditemukan

0

METROJATENG.COM CILACAP- Tim SAR Gabungan masih terus mengupayakan pencarian Kapal Nelayan Kilat Maju Jaya-7 dengan 10 ABK yang hilang kontak di peraian Samudera Hindia. Sampai dengan Minggu (17/3/2024), belum ditemukan petunjuk keberadaan kapal dan pencarian sementara dihentikan.

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, dalam pencarian hari ini, Tim SAR gabungan dibagi menjadi tiga Search and Reschu Unit (SRU). SRU 1 melakukan penyisiran darat menggunakan ATV mulai dari Pantai Teluk Penyu sampai dengan Pantai Menganti Cilacap.

“Dalam perjalanan, tim SRU 1 juga terus menginformasikan kepada nelayan, serta masyarakat tentang kejadian kapal tersebut serta melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan Kapal Pol AIRUD Cilacap di perairan Nusakambangan”, terangnya.

Sementara tim SRU 2 melakukan penyisiran darat menggunakan rescue trail dari Pantai Ayah sampai dengan Pantai Wedi Putih. Tim ini juga turut menginformasikan kepada nelayan yang ingin keluar melaut mengenai kecelakaan yang menimpa Kapal Kilat Maju Jaya 7. Dan apabila mereka mendapatkan informasi terkait tanda-tanda keberadaan kapal ataupun ABK kapal, diminta segera menghubungi Tim SAR Gabungan.

Salain itu, tim SRU 2 juga menerbangkan drone di Bukit Pedalen Kebumen. Drone diterbangkan kearah laut untuk melakukan pemantauan lebih luas.

Sedangkan SRU 3 dari USS Congot melakukan penyisiran darat menggunakan rescue trail sejauh 10 KM dari Muara Bogowonto sampai dengan Pantai Cubung Jangkang.

“Sampai petang hari ini, pencarian terhadap Kapal Kilat Maju Jaya 7 yang hilang kontak masih belum membuahkan hasil, sehingga dihentikan terlebih dahulu. Pencarian akan di lanjutkan lagi besok pagi”, kata Adan.

Sebagaimana diketahui, kapal nelayan Kilat Maju Jaya 7 hilang kontak sejak hari Rabu (13/3/2024). Ada 10 Anak Buah Kapal (ABK) yang turut berlayar dalam kapal tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.