Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Perlu Kolaborasi Kuat Kembangkan Pariwisata untuk Dorong Ekonomi Kerakyatan

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Jadikan pariwisata bagian penting pendorong pertumbuhan sektor ekonomi kerakyatan. Penguatan kolaborasi antarpara pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah sangat dibutuhkan untuk mewujudkannya.

“Pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang mampu mendorong perekonomian nasional melalui pemberdayaan dan peningkatan kreativitas masyarakat, serta para pemangku kebijakan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/6).

Catatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menunjukkan bahwa sektor ekonomi kreatif yang sangat erat kaitannya dengan sektor pariwisata seperti kuliner, fesyen, dan kriya pada 2022 menyumbang produk domestik bruto (PDB) Indonesia sebesar 7,8%.

Apalagi, tambahnya, sektor kuliner, fesyen dan kriya juga merupakan usaha yang banyak ditekuni masyarakat luas pada kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) sepanjang 2022 UMKM di tanah air tercatat mencapai 8,71 juta unit usaha.

Menurut Lestari, catatan tersebut harus menjadi pertimbangan para pemangku kebijakan bahwa sektor pariwisata nasional memiliki potensi sebagai salah satu penopang perekonomian nasional.

Sehingga, tambah Rerie sapaan akrab Lestari, dalam setiap pengembangan atau penerapan kebijakan di sektor pariwisata tidak hanya fokus pada pelestarian dan pembangunan fisik lokasi wisatanya, lebih dari itu juga harus dirancang bagaimana masyarakat di sekitar lokasi wisata mendapatkan manfaat dari pengembangan kawasan wisata tersebut.

Prinsip keberlanjutan, kelestarian obyek dan lokasi wisata, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu,
harus diwujudkan bersamaan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan wisata tersebut.

Untuk mewujudkan prinsip-prinsip tersebut, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, membangun kreativitas di lingkungan para pemangku kebijakan dan masyarakat dalam penerapan kebijakan pada pengembangan lokasi dan kawasan wisata sangat dibutuhkan.

Keterlibatan aktif para pemangku kepentingan di sektor pariwisata, tambah dia, sangat dibutuhkan dalam setiap proses pengembangan kawasan wisata.

Agar, tegas Rerie, pembangunan sektor pariwisata dapat berdampak signifikan secara langsung terhadap masyarakat sekitar dan peningkatan perekonomian nasional.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.