Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pengembangan Pariwisata Berbasis NEWA Harus Kedepankan Pelestarian Lingkungan

0

METROJATENG.COM, JAKARTA- Dorong pengembangan pariwisata berbasis Nature, Eco-tourism, Wellness tourism, dan Adventure tourism (NEWA) dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata sekaligus melestarikan lingkungan di kawasan-kawasan wisata di tanah air.

“Tren pariwisata pascapandemi mengarah pada konsep berwisata yang fokus menjaga kelestarian lingkungan dan alam sekitar, yang terbilang aman dan beresiko lebih kecil karena jauh dari keramaian,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/6).

Catatan Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada triwulan I 2023 secara kumulatif mencapai 2,5 juta kunjungan. Jumlah itu meningkat sebanyak 508,87% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022.

Sementara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat pada 2022 kunjungan wisata alam ke kawasan konservasi tercatat sebanyak total 5,29 juta orang yang tediri dari wisman dan wisatawan lokal atau meningkat hampir dua kali lipat daripada pencapaian 2021.

Menurut Lestari, potensi ekowisata yang disukai para wisatawan, mancanegara dan lokal, ini harus terus didorong agar lebih berkualitas sehingga dampak pembangunan sektor pariwisata bisa semakin luas.

Rerie sapaan akrab Lestari mendorong para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah tetap mengedepankan aspek pelestarian lingkungan pada kawasan-kawasan wisata yang diminati para wisatawan.

Selain itu, tambah Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan wisata juga harus konsisten dilakukan agar mampu mengimbangi perkembangan yang terjadi lingkungan tempat tinggal mereka.

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, keselarasan antara perkembangan ekonomi dan sosial masyarakat berbasis pembangunan sektor ekowisata di sejumlah daerah sangat diperlukan untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di tanah air.

Rerie sangat berharap berbagai potensi di berbagai sektor yang dimiliki negeri ini harus segera dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam rangka mengakselerasi pencapaian target-target pembangunan demi sebesar-besarnya kemakmuran setiap warga negara.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.