Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bea Cukai Jateng DIY  Amankan 4,5 Juta Batang Rokok Ilegal

Modusnya Pakai Mobil Pribadi Hingga Rombongan Pariwisata

0

 

METROJATENG.COM, SEMARANG  –  Bea Cukai Jateng dan DIY terus  berupaya melakukan pemberantasan peredaran rokok ilegal dari hulu hingga hilir dengan modus yang makin canggih guna menciptakan iklim usaha yang sehat dan mengamankan penerimaan negara.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Tri Utomo Hendro Wibowo  mengatakan hingga Februari 2023, Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY telah melakukan 7 kali penindakan dengan barang bukti yang diamankan 4.500.520 batang rokok tanpa dilekati pita cukai dengan nilai barang mencapai Rp 5,39 Miliar. Dari jumlah tersebut  berpotensi merugikan  penerimaan negara yang seharusnya dibayar  Rp 3,63 Miliar.

Penindakan sebanyak 7 kali tersebut dilakukan pada tanggal 13 Januari, 25 Januari, 03 Februari, 09 Februari, 14 Februari, 18 Februari, dan 27 Februari 2023.

“Modus distribusi rokok ilegal didominasi oleh pengiriman dengan menggunakan mobil pribadi. Selain itu juga terdapat modus pengiriman menggunakan microbus yang seolah-olah adalah rombongan pariwisata,” elasnya dalam siaran pers, Kamis (2/3/2023)

Penindakan tersebut seluruhnya dilakukan di jalur distribusi Jawa-Sumatera. Tri menambahkan,   barang bukti berupa rokok yang tidak dilekati pita cukai dan sarana pengangkut berupa 8 minibus dan 3 microbus serta 16 orang terperiksa dengan inisial MU, MM, RK, AS, HR, SA, AR, MS, DM, UA, MY, SH, RD, MR, AM, dan AR dibawa ke Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY untuk dilakukan pengamanan dan pemeriksaan lebih lanjut.

Tri menegaskan bahwa terhadap pelaku peredaran BKC ilegal dapat dijerat dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11T ahun 1995 tentang Cukai, yang menyatakan bahwa “Setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang dikemas untuk penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.