Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bangun Karakter Anak Bangsa dan Semangat Bernegara dalam Bingkai Budaya yang Kuat

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Semangat bernegara dalam bingkai kebudayaan harus terus ditebarkan. Karena atribut budaya yang melekat pada setiap anak bangsa merupakan faktor penting yang mampu membangun karakter setiap anak bangsa.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menegaskan hal itu secara daring dalam kegiatan Dengar Pendapat Masyarakat MPR RI di Gedung Gapensi Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (18/11).

Kegiatan yang digelar dalam rangka penguatan nilai nilai kebangsaan dan persatuan masyarakat itu, dihadiri Dr. Atang Iriawan (Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI), Prayoga Nugroho (Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah), dan Nonik Supartono (Ketua DPD NasDem Kabupaten Grobogan) sebagai pembicara.

Selain itu, hadir pula 300 orang terdiri dari pegiat UMKM, pemuda Grobogan dan tokoh masyarakat, sebagai peserta.

Menurut Lestari, untuk membangun bangsa yang adil, makmur, berdaulat dan beradab dibutuhkan simpul pendukung yang efektif.

Sebagai negara yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, fondasi persatuan kita terangkum utuh dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.
“Fondasi nilai-nilai warisan para pendiri bangsa
ini merepresentasi inti sari nilai budaya Indonesia,” ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu.

Mengutip pidato Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengungkapkan, bahwa budaya merupakan modal besar dalam pengembangan SDM berkualitas.

Kebudayaan, tegas Rerie, menjadi salah satu pilar pembentuk ekosistem nasional yang produktif dan inovatif.

Selain itu, tambahnya, budaya dengan tokoh kebudayaan berkontribusi dalam memperkokoh fondasi kebangsaan, merawat persatuan dan kesatuan nasional.

“Saat ini kita tengah berhadapan dengan krisis multidimensi. Ragam kenyataan ini menuntut kita untuk berpikir dan merefleksikan esensi dan eksistensi kita sebagai entitas berbudaya. Kita Indonesia, memiliki nilai kehidupan yang bersumber dari kebudayaan dan dinamikanya,” pungkasnya.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.