Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bertemu Petani di Banyumas, Jokowi Janjikan Tambahan Subsidi Pupuk Rp 14 Triliun

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Presiden Jokowi menjanjikan tambahan subsidi untuk pupuk senilai Rp 14 triliun pada semester ke dua. Hal ini dilakukan demi menutup kekurangan pupuk sebelumnya serta menjamin ketersediaan pupuk di awal tahun.

“Saya sudah tegaskan kepada Menteri Keuangan, supaya subsidi ditambah Rp 14 triliun untuk subsidi pupuk. Namun, pengajuan seperti ini harus mendapatkan persetujuan dari DPR RI dan ini belum berproses ke sana. Namun Menteri Pertanian sudah mengajukan dan Menteri Keuangan juga mendorong untuk direalisasikan”, kata Jokowi yang disambut tepuk-tangan dari 60 ribu pertain yang hadir di GOR Satria Purwokerto, Selasa (2/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyatakan pihaknya sudah menanyakan langsung kepada direktur PT Pupuk Indonesia terkait ketersediaan pupuk. Dan PT Pupuk Indonesia menyatakan ada 1,7 juta ton pupuk yang tersedia, terdiri dari 1,2 ton pupuk subsidi dan 500 ribu pupuk non subsidi. Sehingga stok pupuk sangat tersedia.

“Saya tidak ingin lagi mendengar ada permasalahan pupuk di lapangan, ada keluhan pupuk langka atau sulit di tahun ini”, tegas Presiden Jokowi.

KTP

Selain ketersediaan pupuk, Jokowi juga menyebut berbagai kemudahan sudah diperoleh petani. Misalnya untuk pembelian pupuk subsidi, bagi yang tidak memiliki kartu tani, saat ini sudah diperbolehkan dengan hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dengan segala kemudahan tersebut, Jokowi berharap para petani tetap bisa menggunakan pupuk dengan efektif dan harus cermat penggunaannya. Sebab, bahan baku pupuk mahal dan di banyak negara, sudah mulai menerapkan penghematan pupuk.

“Nanti para petani akan didampingi oleh bhabinsa serta penyuluh pertanian, supaya penggunaan pupuk efektif dan sesuai dengan kebutuhan”, ucapnya.

Pada akhir arahannya, Jokowi menyampaikan harapan agar Jawa Tengan (Jateng) kembali meraih target menjadi nomor 2 dalam ketahanan pangan. Prestasi Jateng tersebut sempat menurun dan diharapkan bisa meraih target nomor 2 di tahun ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.