Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Semarang Night Carnival Digelar di Sirkuit Mijen, Bakal Dihadiri 119 Kepala Daerah se-Indonesia

0 987

METROJATENG.COM, SEMARANG – Semarang Night Carnival (SNC) akan kembali digelar oleh Pemerintah Kota Semarang. Tahun ini merupakan yang kesebelas kalinya diselenggarakan.

SNC akan digelar di Sirkuit Internasional Mijen pada Senin tanggal 28 Maret ini. Dengan tema Trilogy, SNC akan diselenggarakan dengan cara hybrid (Offline terbatas dan Online Streaming).

Pemilihan Sirkuit Internasional Mijen sebagai lokasi acara dilakukan untuk mempermudah pengaturan kegiatan, mengingat hingga kini pandemi Covid-19 belum juga selesai.

“Luas sirkuit sebesar 5,1 hektare menjadi salah satu faktor agar bisa dilakukan pemantauan terhadap penonton yang datang akan lebih mudah,” kata Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Minggu (27/3/2022).

Tema Trilogy kali ini mengangkat tentang bagaimana hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhannya. Yang diwujudkan dalam 4 tema kostum, yaitu Hutan Tinjomoyo, Goa Kreo, Recycle dan Payung.

Total ada 102 kostum yang akan perform dihadapan tamu undangan, 32 kostum bertema Tinjomoyo, 32 kostum bertema Payung, 15 kostum bertema Goa Kreo dan 32 kostum bertema recycle.

Kepala bidang kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Ade Bhakti menambahkan, peserta SNC tahun ini dibagi menjadi dua jenis kepesertaan, Peserta Senior dan Junior.

Peserta Senior adalah peserta yang sudah mengikuti SNC 2 kali atau lebih. Sedangkan peserta junior adalah peserta SNC yang ikut pertama kali di tahun ini.

‘’Kami juga menyediakan hadiah untuk para peserta dengan berbagai kategori, mulai kostum terbaik, best mayoret, best defille dan lainnya. Ada juga juga support dari para sponsor untuk peserta terbaik,’’ ujarnya.

Ade Bhakti menerangkan, ada beberapa pertimbangan pemilihan sirkuit Mijen menjadi lokasi perhelatan SNC kali ini. Yang utama adalah mempertahankan konsep SNC yang adalah karnaval Jalan Raya, kedua kondisi sirkuit yang sudah oke dan dilengkapi gate berlapis, sehingga memungkinkan panitia untuk melaksanakan protokol kesehatan secara maksimal.

Sedangkan untuk masyarakat, panitia akan menyiarkan secara live streaming di akun Youtube Disbudpar Kota Semarang, Senin pukul 19.30 WIB.

Ditambahkan, bahwa SNC kali ini berbarengan dengan acara Healthy Cities Summit yang digelar mulai tanggal 27 s/d 30 Maret 2022 di Hotel Patra Jasa. Acara tersebut diikuti oleh ratusan Delegasi Provinsi & Kab/Kota Se-Indonesia, oleh karenanya acara SNC ini secara offline hanya dihadiri oleh tamu-tamu Semarang Healthy Cities Summit 2022.

‘’Info dari panitia, akan ada 119 Kepala Daerah se-Indonesia yang sudah mengkonfirmasi akan hadir secara Pribadi. Hal tersebut menambah semangat kami selaku panitia, bahwa perhelatan SNC 2022 ini akan menjadi tontonan offline delegasi se-Indonesia. Kami berharap kami bisa menunjukan kualitas performance event yang maksimal, sehingga para tamu undangan bisa mendapatkan kesan mendalam tentang Kota Semarang,’’ terangnya.

Ade Bhakti mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian, karena memang Covid ini belum selesai, yaitu protokol kesehatan dilaksanakan mulai H-1 dengan skrining seluruh peserta dan pendukung acara dengan Swab antigen. Bahkan panitia 2 hari sekali swab antigan mulai H-6 (Loading In). (abd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.