Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Jangan Asal Pilih Pakaian untuk Berolahraga! Berikut Tips untuk Anda

0

METROJATENG.COM, JAKARTAOlahraga merupakan salah satu kegiatan yang perlu Anda lakukan. Bahkan jika memungkinkan, lakukan secara rutin. Tak perlu yang terlalu berat, ada banyak olahraga ringan yang mudah untuk dilakukan. Misalnya saja jalan pagi di sekitar tempat tinggal, jogging, atau bersepeda. Sesekali bisa juga melakukan olahraga yang cukup berat, seperti bermain sepak bola, basket, atau bulu tangkis.

Saat berolahraga, tentu Anda harus menggunakan pakaian yang memang dikhususkan untuk kegiatan tersebut. Misalnya saja memakai pakaian olahraga dari brand Nike yang bisa Anda dapatkan di Blibli. Tak cuma dipastikan keasliannya, berbelanja di Blibli juga ada banyak diskon yang bisa Anda dapatkan.

Berbicara mengenai pakaian khusus olahraga, ternyata Anda tak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum menggunakan pakaian untuk berolahraga. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Pilih Pakaian yang Menyerap Keringat

Saat berolahraga, tentu Anda akan mengeluarkan keringat yang cukup banyak. Nah, untuk itu Anda harus memakai pakaian yang mudah menyerap keringat. Jika keringat diserap dengan baik oleh pakaian yang Anda gunakan, secara tidak langsung hal tersebut akan membuat badan Anda semakin cepat kering.

Ada beberapa bahan pakaian yang cepat menyerap keringat. Misalnya saja pakaian berbahan katun. Atau Anda bisa memilih pakaian berbahan polipropilena, atau bahan yang biasa digunakan untuk pakaian dalam termal.

Pakai Jaket di Kondisi Tertentu

Untuk orang yang tinggal di tempat yang punya cuaca panas, berolahraga dengan memakai jaket mungkin jadi satu hal yang aneh. Akan tetapi, tidak bagi orang-orang yang tinggal di daerah dingin. Bahkan dalam kondisi tertentu, Anda justru disarankan untuk berolahraga dengan menggunakan jaket.

Misalnya saja saat cuaca sedang berangin dan Anda sedang jogging. Dalam kondisi seperti itu, Anda sebaiknya menggunakan jaket dan celana panjang. Hal tersebut untuk menghindari Anda dari flu akibat angin yang langsung menerpa badan Anda yang sedang berkeringat. Niat awal ingin membuat badan menjadi sehat, justru bisa berbalik jadi mendapatkan penyakit karena berolahraga

Pakai Pakaian Dalam Khusus Olahraga

Saat berolahraga, gerak tubuh Anda sudah pasti berbeda dibanding saat berkegiatan biasa. Untuk itu, tak hanya pakaian luar, tapi pakaian dalam yang digunakan sebaiknya juga yang khusus untuk berolahraga. Bagi para pria, mungkin lebih sederhana dibanding wanita dalam urusan pakaian dalam khusus olahraga tersebut.

Sementara itu, bagi para wanita, sebaiknya Anda menggunakan bra khusus saat berolahraga atau sports bra. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga payudara Anda agar tidak merasa sakit. Selain itu, tentu akan memberikan rasa nyaman ketimbang memakai bra biasa. Tapi pastikan juga penggunaan sports bra dengan ukuran yang tepat.

Jangan Asal Gunakan Sepatu

Berbicara soal pakaian olahraga, memang cukup identik dengan baju, celana, pakaian dalam khusus, atau bahkan hijab khusus bagi para wanita. Namun, sepatu olahraga juga bisa masuk dalam kategori tersebut. Pasalnya, Anda tak bisa asal-asalan menggunakan sepatu olahraga. Pastikan jenis sepatu yang Anda gunakan cocok untuk olahraga atau kondisi lapangan tempat di mana Anda berolahraga.

Anda harus memastikan ukuran sepatu yang digunakan pas. Jika terlalu besar akan berbahaya, begitu pula jika terlalu kecil yang bisa membuat kaki Anda tidak nyaman. Selain itu, pastikan bagian-bagian dari sepatu olahraga tersebut masih dalam keadaan layak, untuk menghindari cedera.

 

Itu tadi beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait pakaian saat berolahraga. Seperti yang sudah disebutkan di awal, Anda tidak bisa memilihnya dengan sembarangan. Karena bukan tidak mungkin ada risiko-risiko yang bisa mengintai Anda karena salah memilih pakaian olahraga.

Misalnya saja, Anda justru bisa terkena iritasi kulit akibat gesekan antara kulit dan pakaian olahraga dengan kualitas yang kurang baik. Iritasi tersebut bisa juga terjadi karena pakaian yang tidak menyerap keringat. Bahkan tak cuma iritasi, Anda juga bisa terkena bau badan.

Bahkan ada risiko kekebalan tubuh Anda menjadi menurun. Bagaimana bisa, olahraga yang seharusnya membuat badan sehat, justru menurunkan kekebalan tubuh? Hal tersebut dikarenakan pemilihan pakaian olahraga yang salah, dan bisa membuka sel kulit untuk masuknya kuman dan bakteri berbahaya.

Untuk itu, Anda tak bisa asal dalam memilih pakaian olahraga. Tak perlu lagi bingung jika Anda ingin mencari beragam keperluan olahraga, termasuk pakaian. Anda bisa mengunjungi Blibli dan temukan segala kebutuhan yang Anda inginkan!(*) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.