Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Gempa Batang, Empat Warga Dilaporkan Alami Luka Terkena Reruntuhan Bangunan

0

METROJATENG.COM, BATANG – Empat warga Batang dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa berkekuatan magnitude (M) 4,6 yang tejadi pada Minggu (7/7/2025). Satu warga mengalami luka ringan, dua warga luka pada bagian kepala dan satu warga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Dari data yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Batang, empat warga yang mengalami luka yaitu Sri Mukartuna (37), warga Dukuh Ketandan Rt.01 Rw.03, Kelurahan Proyonanggan Utara, Kecamatan Batang mengalami luka ringan, kemudian Cati (78), warga Dukuh Ketandan Rt.01 Rw.03 Kel. Proyonanggan Utara Kecamatan Batang, mengalami luka di kepala, Yuyun Safarih (42),  warga Desa Kalisalak Rt.01 Rw.02 Kecamatan Batang mengalami luka di kepala dan

Sapiin (65), warga Kelurahan Karangasem Selatan, Kecamatan Batang dirujuk ke RSUD Kalisari Batang.

Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Batang, Muhammad Fajri mengatakan, berdasarkan pantauan titik pusat gempa terjadi di Batursari, perbatasan Kabupaten Batang dan Pekalongan. Guncangan gempabumi itu dirasakan cukup kuat di Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan.

“Wilayah yang mengalami kerusakan di Desa Lebo, Karangasem, Masjid Agung Batang, pendapa kabupaten dan Pasar Batang”, jelasnya.

 Menurut hasil kaji cepat sementara, gempabumi dengan pusat kedalaman 6 kilometer itu menyebabkan kerusakan dengan rincian meliputi 3 rumah rusak berat, 5 rumah rusak ringan, 1 tempat ibadah rusak ringan, 1 sekolah rusak sedang dan kantor Bupati Batang rusak sedang. Gempa tersebut bedampak pada 6 desa di Kecamatan Batang, 3 desa di Kecamatan Warungasem dan 1 desa di Kecamatan Wonotunggal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.