Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Sekretaris Gerindra Daftar Cawabup Wonogiri Lewat Partai Demokrat

0

 

METROJATENG.COM WONOGIRI  Siti Hardiyani, wakil Ketua DPRD Wonogiri yang juga sekretaris DPC Gerindra Wonogiri, Jumat (14/6) mendaftar sebagai calon wakil bupati Wonogiri pada Pilkada 2024 lewat Partai Demokrat.

Kedatangan Siti Hardiyani di sekretariat penjaringan Cabup/Cawabup Wonogiri Partai Demokrat, langsung disambut Ketua DPC Partai Demokrat Wonogir. ‘’Walau beda partai namun kita sama-sama pernah diasuh pak Prabowo,’’ kata Wawan membuka percakapan.

Siti Hardiyani, saat ditemui di sekretariat penjaringan menjelaskan bawa apa yang dilakukan ini sepenuhnya sudah direstui pimpinan partainya, sebab Gerindra juga tidak bisa mengusung calon sendiri, melainkan harus menjalin koalisi dengan partai lain.

Siti Hardiyani mengaku bangga karena dirinya telah mendapat kepercayaan dari partainya untuk ikut mencalonkan diri menjadi calon wakil bupati. ‘’Saya juga telah memasukkan pendaftaran calon wakil bupati di Gerindra,’’ tuturnya.

Hingga waktu penjaringan Cabup/ Cawabup Pilkada Wonogiri 2024 melalui Partai Demokrat  dinyatakan ditutup, ada tujuh orang yang telah mendaftarkan diri. ‘’Dari tujuh pendaftar itu, yang menyatakan mendaftar calon bupati (Cabup) ada dua orang dan sisanya memilih mendaftar jadi calon wakil bupati (Cawabup),’’ kata Ketua DPC Partai Demokrat Wonogiri, Wawan Haryono, saat ditemui di sekretariat penjaringan Cabup/Cawabup Partai Demokrat.

Yang mendaftar menjadi calon bupati, lanjutnya, atas nama H Tarso dan H Sugiyanto Adi Prayitno.’’Untuk H Tarso sudah mengembalikan formulir beberapa hari lalu, sedangkan H Sugiyanto mengembalikan formulir menjelang penutupan waktu penjaringan yakni Jumat (14/6) sore,’’ papar Wawan.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk penjaringan Cabup/ Cawabup Pilkada Wonogiri 2024, Partai Demokratr Wonogiri telah membuka pendaftaran sejak Senin (10/6) dan ditutup pada Jumat (14/6) sore. Dari kurun waktu tersebut, yang mendaftar ada tujuh orang, empat diantgaranya mengembalikan formulir pada hari Jumat.

Yang mengembalikan formulir di kurun waktu Senin-Kamis adalah H Tarso ( mendaftar sebagai Calon Bupati ), dan dua kader internal Partai Demokrat  yang mendaftar sebagai calon wakil bupati yakni Novida Hermin Suhaswati dan Frits Yohanes.

Sedangkan di akhir waktu penjaringan (Jumat)  ada empat orang yang mendaftar sebagai cabup atau cawabup Pilkada Wonogiri 2024.

‘’Sehabis sholat Jumat, Siti Hardiyani (sekarang wakil Ketua DPRD Wonogiri dari Gerindra) datang mengembalikan formulir Calon Wakil Bupati, disusul Wardani yang mencalonkan sebagai Wakil Bupati Wonogiri. Tak lama berselang pria asal Wuryantoro bernama Indra Dwi Kusuma memasuki sekretariat penjaringan guna menyatakan mendaftarkan diri sebagai calon wakil bupati melalui Partai Demokrat. Dan terakhir H Sugiyanto Adi Prayitno pengusaha sukses kelahiran Manyaran datang dan menyatakan mengembalikan formuliur calon bupati. Semua pedndaftar tersebut diterima langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Wonogiri, Wawan Haryono, didampingi desk Pilkada Partai Demorat Wonogiri yang beranggotakan 9 orang.

‘’DPC Partai Demokrat sifatnya hanya membuka penjaringan, nanti semua berkas yang sudah masuk kita bawa ke DPD Partai Demorat,’’ kata Wawan.

Seperti diketahui,  jumlah  DPRD Wonogiri sebanyak 50 kursi, perinciannya adalah
PDIP (27 Kursi),  Golkar ( 7 Kursi) PKB ( 2 Kursi)  Gerindra (4 Kursi)  PKS (5 Kursi) Demokrat (2 Kursi) PAN ( 3 Kursi)

Ambang batas parpol atau gabungan parpol bisa mengusung cabup-cawabup paling sedikit 20% kursi di lembaga legislatif atau memperoleh 25% dari akumulasi suara sah Pemilu terakhir.

Dengan jumlah 50 kursi di DPRD Wonogiri, parpol atau gabungan parpol minimal harus memiliki 10 kursi untuk berhak mencalonkan cabup-cawabup.

Dengan komposisi perolehan kursi pada Pemilu 2024, satu-satunya parpol yang berhak mengusung cabup-cawabup Wonogiri tanpa perlu berkoalisi dengan parpol lain yaitu PDIP.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.