Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Desa Wisata Jatirejo, Suguhkan Aktivitas Pedesaan yang Unik

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Banyaknya desa wisata yang bermunculan membuat semakin banyak pula pilihan bagi wisatawan. Salah satu desa wisata yang patut dikunjungi jika sedang berada di Semarang adalah Desa Wisata Jatirejo.

Terletak di area perbukitan dengan banyak bukit cubung membuat desa di Kecamatan Gunung Pati ini memiliki kesejukan. Jatirejo dikenal sebagai desa penghasil kolang-kaling terbesar di Semarang.

Di desa wisata ini, pengunjung tidak hanya melihat proses pengolahannya, tapi bisa turut belajar langsung membuat kolang-kaling. Setidaknya ada 20 perajin kolang-kaling di desa ini yang masih bertahan dengan pengolahan tradisional. Aktivitas penduduk desa mulai dari mengambil kolang-kaling dari pohonnya, kemudian mengupasnya sampai proses mengambil kolang-kaling dari buahnya.

Tak hanya menjual kolang-kaling sebagai produksi utamanya, namun Desa Wisata Jatirejo juga menjual berbagai paket wisata yang menarik. Di sini Anda bisa melihat aktivitas sehari-hari seperti menanam tanaman kebun, memetik tanaman yang bisa dimakan atau pengolahan kolang-kaling.

Ada juga aktivitas angon kerbau, mengolah empon-empon (tanaman rimpang dapur), dan membuat aneka keripik. Jika ingin datang ke Desa Wisata Jatirejo, Anda bisa menempuh perjalanan ke arah Waduk Jatibarang atau bisa langsung menggunakan aplikasi Google Maps agar cepat sampai ke lokasi.

Selain paket-paket wisata tradisional, desa ini juga menawarkan paket wisata lain seperti trail adventure menggunakan motor trail atau river tubing selama kurang lebih 3 jam. Jangan khawatir jika Anda mencari penginapan di sini, Desa Jatirejo juga menyediakan homestay.

Leave A Reply

Your email address will not be published.