Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Jelang Sidang PHPU, MK Beri Pembekalan Perisalah Ad Hoc

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Menjelang persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2024, Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar kegiatan pembekalan dan arahan dalam masa orientasi kerja bagi perisalah ad hoc. Kegiatan ini digelar pada Senin (15/4/2024) Di Ruang Delegasi Gedung 1 MK.

Sebanyak 75 orang perisalah yang berasal dari ASMI serta Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris Tarakanita hadir dalam kegiatan tersebut. Para perisalah tersebut juga sekaligus untuk melakukan penandatanganan kontrak.

“Para perisalah yang terdiri atas transkriptor dan perekam dikenalkan dengan mekanisme kerja, hak dan kewajiban, serta beberapa ketentuan yang harus diikuti dan dipatuhi para perisalah”, jelas Kepala Biro Hukum Administrasi Kepaniteraan (Biro HAK), Fajar Laksono.

Dalam arahannya, Fajar mengatakan inti bisnis MK adalah memeriksa, mengadili dan memutus perkara, termasuk PHPU Tahun 2024. Ia mengungkapkan risalah sidang mendapatkan banyak apresiasi dari stakeholders MK. Risalah sidang memiliki spektrum fungsi yang banyak dimensi  ke dalam atau spektrum ke dalam MK itu bagi hakim konstitusi  menjadi salah satu instrumen untuk hakim konstitusi mengkonfirmasi persidangan yang telah lewat.

“Jadi, ketika rapat permusyawaratan hakim atau ketika menyusun legal opinion itu biasanya hakim konstitusi membutuhkan risalah. Risalah tersebut dibutuhkan untuk mengkonfirmasi ketika hakim menyusun legal opinion”, terangnya.

Fajar mengingatkan bahwa para perisalah ad hoc memulai sejak 15 April hingga 14 juni 2024.

Sebagaimana diketahui, sehubungan dengan peradilan cepat yang dilaksanakan MK serta dengan kebutuhan risalah persidangan, MK menjalin kerja sama dengan merekrut tenaga perisalah yang terdiri atas transkriptor dan perekam. Ruang lingkup kerja perisalah ad hoc ditempatkan pada unit admin kepaniteraan dengan beberapa tugas, di antaranya mengalihaksarakan semua hasil pembicaraan di persidangan, mendengar ulang dan memerhatikan pembicaraan dalam persidangan, serta melakukan pengetikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.