Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Korlantas Polri Kawal Pemudik Sepeda Motor Sampai Pelabuhan

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Korlantas Polri siap mengawal pemudik sepeda motor, mulai dari buffer zone atau zona penyangga hingga Pelabuhan penyeberangan. Diprediksi pemudik yang melalui Pelabuhan mengalami peningkatan.

Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan mengatakan, ada empat zona penyangga yang disiapkan untuk masuk ke Pelabuhan Merak. Yaitu di rest area Tol Tangerang-Merak KM 43, KM 68A, di lahan PT Munic Line Cikuasa Atas dan di Pelabuhan Indah Kiat.

“Pemudik sepeda motor akan mendapat pengawalan saat mudik dan balik Lebaran 2024 dari zona penyangga hingga pelabuhan untuk penyeberangan”, terangnya.

Aan mengatakan buffer zone atau zona penyangga itu seperti di jalur arteri di Cukupa. Zona penyangga ini kerap kali terjadi kepadatan oleh kendaraan bermotor, khususnya roda dua. Pemotor tersebut akan dikawal hingga Pelabuhan Ciwandan, Banten agar tidak terjadi kemacetan.

“Jadi, pengawalannya dari mulai buffer zone yang sudah kita siapkan nanti kumpulkan di situ, di pelabuhan kosong kita akan kawal sampai ke pelabuhan, itu yang kami maksud seperti itu ya,” jelas Aan.

Untuk mengelola jalur penyeberangan, lanjutnya, beberapa strategi sudah disiapkan, dealing system dan menghentikan di buffer zone, serta pengawalan pemudik sepeda motor dari buffer zone.

Pelabuhan Merak

Lebih lanjut Aan menjelaskan, Pelabuhan Merak menjadi salah satu titik krusial. Pergerakan arus lalu-lintasnya harus dikelola, mulai kendaraan dari arah Jakarta serta dari arah lainnya. Mengingat area parkir di lokasi tersebut terbatas, sehingga harus dilakukan pengaturan volume kendaraan yang masuk ke Pelabuhan.

“Jadi harus kita atur volume masuk kendaraan baik roda dua maupun roda empat, karena area parkir terbatas”, ucapnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menyampaikan bahwa Polri mengerahkan 155 ribu personel selama Operasi Ketupat 2024. Personel ini akan disebar untuk memastikan kelancaran mudik Lebaran 2024. Operasi Ketupat digelar pada 4 sampai 16 April 2024. Operasi itu dioperatori oleh Korlantas Polri, dalam rangka menjaga kelancaran dan keamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.