Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Jelang Arus Mudik, Polres Kebumen Petakan Tiga Jalur untuk Pemudik

0

METROJATENG.COM, KEBUMEN – Mendekati arus mudik Lebaran, jajaran Polres Kebumen mulai memetakan jalur-jalur untuk pemudik. Ada tiga jalur yang disiapkan bagi pemudik yang melintas di wilayah Kebumen.

Kapolres Kebumen, AKBP Recky melalui Kabagops Polres Kebumen Kompol Setyoko memaparkan, sesuai kalender Kamtibmas Operasi Ketupat Candi 2024 akan digelar selama 13 hari, mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024. Dan selama Operasi Ketupat Candi 2024, Polres Kebumen menyiapkan 3 jalur yang bisa digunakan untuk mudik maupun balik.

“Sehingga ada tiga pilihan jalur bagi pemudik, diharapkan dengan adanya tiga pilihan ini, penumpukan arus bisa diminimalkan”, ucapnya.

Opsi pertama, lanjurnya, pemudik bisa melalui jalur utama atau Jalan Nasional III. Jika dari arah barat, pemudik masuk Rowokele, Gombong, Karanganyar, Sruweng, Kebumen, Kutowinangun, Prembun.

Namun jika jalur utama mengalami lonjakan arus, ada opsi jalur alternatif yang disiapkan. Pemudik akan dialihkan Jalan Daendles masuk Puring, Klirong, Buluspesantren, Ambal, Mirit.  Dan jika masih belum bisa menampung lonjakan arus mudik, Polres Kebumen mengarahkan untuk melalui jalur lintas selatan-selatan (JLSS). Pemudik disiapkan jalur Puring, Klirong, Buluspesantren, Ambal, dan Mirit.

Pemudik juga bisa langsung memilih jalur yang akan dilalui sesuai efektivitas jarak tempuh dengan kota tujuan mudik.

“Kita tempatkan juga personel dan sejumlah Pos untuk membantu para pemudik. Kita standbykan selama Operasi Ketupat Candi berlangsung”, jelas Kompol Setyoko.

Rekayasa Lalu Lintas

Pada kesempatan tersebut, Kasat Lantas Polres Kebumen, AKP Koyim Maturrohman juga mensimulasikan rekayasa lalu-lintas melalui tactical floor game, perlintasan Kereta Api (KA) Karanganyar menjadi salah satu titik rawan macet saat mudik lebaran.

Untuk mensiasati kemacetan pada titik tersebut, pemudik akan diarahkan melalui simpang tiga pasar Karanganyar lalu masuk jalan Ahmad Yani, selanjutnya masuk ke simpang tiga Jeruk Gulung dan kembali diarahkan ke jalur utama.

“Pada semua jalur mudik akan ada petugas yang ditempatkan, sehingga pemudik bisa bertanya untuk jalur-jalur yang akan dilalui terlebih dahulu, supaya terhindar dari kemacetan panjang”, terangnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.