Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Menko Polhukam Pastikan KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024 Besok

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto memastikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan mengumumkan hasil Pemilu 2024 besok, Rabu (20/3/2024). Waktu pengumuman tersebut sesuai dengan jadwal dalam tahapan Pemilu 2024.

“Semua masih sesuai dengan jadwal, pengumuman hasil Pemilu 2024 dilaksanakan tanggal 20 Maret 2024”, ucapnya, Selasa (19/3/2024).

Menurut Menko Polhukam, sesuai dengan aturan, batas waktu pengumuman hasil pemilu maksimal 35 hari pasca pencoblosan. Artinya batas waktu pengumuman adalah besok.

“Semua tahapan masih sesuai dengan rencana”, ungkapnya lebih lanjut.

Hadi Tjahjanto menyatakan, saat ini rekapitulasi perhitungan suara masih berlangsung di KPU. Namun, KPU sudah menyatakan, akan menyelesaikan tepat waktu, termasuk dalam pengumuman hasil pemilu.

Sementara itu, Komisioner KPU RI, Agus Mellaz mengatakan, hari ini masih ada 4 propinsi yang akan dilakukan rekapitulasi perhitungan suara. Rekapitulasi suara hari ini dimulai dari KPU Jawa Barat dan Maluku. Kemudian dilanjutkan dengan Papua dan Papua Pegunungan yang dilakukan malam hari ini.

“Setelah rekapitulasi semuanya selesai, baru tahap berikutnya yaitu pengumuman atau penetapan hasil Pemilu 2024”, jelasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.