Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

BPJS Ketenagakerjaan Beri Perlindungan ke Peserta Klaten Gladiator Championship

0

METROJATENG.COM, KLATEN – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten memberikan perlindungan pada peserta Klaten Gladiator Championship 2023. Kegiatan digelar oleh Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Klaten di Lantai atas Terminal Ir Soekarno Klaten pada Minggu (10/9/2023).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Klaten, Heru Siswanto, melalui Kepala Bidang Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM), Arista Nur Cahya mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungi pekerja, termasuk para atlet.

“Kalau kita bilang, para fighter yang masih muda-muda ini, di sini juga melakukan aktifitas pekerjaannya sebagai atlet. Nah, BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungi apabila terjadi risiko terhadap hal-hal yang tidak diinginkan selama kegiatan (Klaten Gladiator Championship) ini,” katanya.

Arista Nur Cahya menjelaskan, semua atlet yang bertanding atau bertarung di Klaten Gladiator Championship ini apabila terjadi luka atau misalnya sampai patah lengan, patah tulang, atau terjadi luka sobek, maka semuanya akan tercover BPJS Ketenagakerjaan.

“Bisa jadi, risikonya lebih dari itu. Misalnya terjadi meninggal dunia. Nah, itu juga termasuk meninggal dunia karena kecelakaan kerja. Maka akan mendapat santunan jaminan kecelakaan kerja,” ujarnya.

Arista menambahkan, peserta Klaten Gladiator Championship ini diikutkan dalam dua program, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Prinsipnya, sebelum peserta bertanding, kita pastikan bahwa mereka sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Jadi kalau terjadi risiko yang tidak diinginkan, peserta sudah tercover BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten, Joko Hendrawan menyampaikan, Klaten Gladiator Championship ini diadakan Satpol PP dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 219 Kabupaten Klaten, Hari Ulang Tahun ke 78 Republik Indonesia, dan Hari Olahraga Nasional tahun 2023.

“Adapun cabang yang dipertandingkan di Klaten Gladiator Championship ini adalah MMA, jiu jitsu, kick boxing, dan silat bebas. Klaten Gladiator Championship ini diikuti 135 atlet dari Jawa Tengah dan DIY, bahkan se Pulau Jawa,” ujarnya.

Terkait kerjasama antara panitia Klaten Gladiator Championship dengan BPJS Ketenagakerjaan ini disambut baik oleh Joko Hendrawan

“Dalam Klaten Gladiator Championship ini kita melibatkan BPJS Ketenagakerjaan. Kita bekerjasama. Maka kita berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, yang bersama panitia, telah menjamin keselamatan kepada peserta atau panitia Klaten Gladiator Championship pada tahun ini. Seandainya terjadi sesuatu, sudah tercover BPJS Ketenagakerjaan,” ucap Joko Hendrawan.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.