Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Konsistensi Pemberdayaan Perempuan Penting untuk Mengakselerasi Proses Pembangunan

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Peningkatan upaya pemberdayaan perempuan yang konsisten mendesak dilakukan dalam upaya mengakselerasi proses pembangunan.

“Salah satu langkah strategis dalam upaya mengakselerasi proses pembangunan adalah konsisten melakukan pemberdayaan perempuan di tanah air,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/3).

Data Badan Pusat Statistik terkait penggguna internet perempuan pada periode 2020-2022 menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan pada 2020 tercatat 47,17%, pada 2021 tercatat 50,32% dan pada 2022 tercatat 54,70% pengguna internet di Indonesia adalah perempuan.

Di sisi lain, ujar Lestari, peran perempuan dalam pendidikan dan mengelola rumah tangga serta keluarga yang merupakan lingkungan terkecil di masyarakat, sangat signifikan.

Menurut Rerie sapaan akrab Lestari sejumlah potensi yang dimiliki perempuan itu harus dimaksimalkan lewat upaya pemberdayaan untuk mengatasi sejumlah masalah mendasar yang masih dihadapi bangsa ini.

Seperti, tambah Rerie, masalah pemenuhan gizi seimbang keluarga dalam menekan angka prevalensi stunting dan kasus obesitas pada anak serta pembentukan karakter anak bangsa.

Menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, sejumlah masalah dasar itu harus segera diatasi lewat penanaman pola hidup sehat dan pembentukan karakter anak bangsa yang harus dimulai sejak di lingkungan keluarga.

Dalam konteks tersebut, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mendorong upaya yang konsisten dari para pemangku kepentingan untuk memberdayakan perempuan di tanah air.

Dengan proporsi jumlah perempuan pengguna internet di Indonesia yang lebih banyak jika dibandingkan laki-laki, ujar Rerie, upaya mengakselerasi peningkatan kualitas kesehatan dan penanaman nilai-nilai budaya serta kebangsaan setiap anak bangsa dapat dilakukan lewat jejaring digital.

Menurut Rerie berbagai potensi yang ada di tengah masyarakat harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin agar bangsa Indonesia mampu menjawab setiap tantangan, di tengah situasi global yang sarat perubahan.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.