Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

XLFL Gelar Workshop Public Speaking ‘Kopi Darat elearn.id’

*di Universitas Andalas Padang

0 182

METROJATENG.COM, PADANG – XL Axiata Future Leaders (XLFL) menggelar workshop public speaking ‘Kopi Darat elearn.id’ untuk mahasiswa Universitas Andalas, Padang. Program bertema ‘Beyond Presentation and Public Speaking’ ini diikuti oleh lebih dari 500 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hadir dalam acara pada Rabu (28/9/2022), antara lain Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Drs. Raymon, M.Pd, Kepala Bidang Program Dinas Pariwisata Kota Padang, Ludi Anwar, ST.M.Si, Wakil Rektor 4 Bidang Perencanaan, Riset, Inovasi, dan Kerjasama Universitas Andalas, Dr. Hefrizal Handra, M.Soc, dan Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi.

Program kopi darat elearn.id ini sebagai keseriusan XL Axiata sebagai penyedia layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat, termasuk untuk generasi muda, ‘XL Axiata Ada Untuk Indonesia’.

Desy Sari Dewi mengatakan, melalui program ‘Kopi Darat elearn.id’, XL Axiata berkomitmen mengembangkan kualitas generasi muda Indonesia.

“Berbagai macam program kami kembangkan untuk memfasilitasi dan mempermudah siapa saja untuk belajar soft skills, termasuk public speaking dan membuat materi presentasi yang efektif. Mahasiswa sangat membutuhkan keahlian public speaking untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja,” katanya.

Desy menambahkan, XL Axiata sangat terbuka bagi siapa saja, termasuk perguruan tinggi, jika hendak memanfaatkan platform elearn.id. Platform belajar ini bertujuan mempermudah generasi muda Indonesia di mana saja untuk mengakses materi belajar guna meningkatkan kompetensi mereka di era digital.

XL Axiata berharap semakin banyak masyarakat terutama generasi muda untuk memanfaatkan platfrom elearn.id, yang menyediakan materi belajar seperti antara lain cara meningkatkan kreativitas, meningkatkan kemampuan persuasi, kecerdasan emosional, serta kemampuan kolaborasi dan adaptasi. Sebagai fasilitator dalam program ini adalah Dwi Kartika Sari dan Johanes Situmorang dari program XL Axiata Future Leaders.

*I-Out of The Box Competition

Mahasiswa juga ditantang untuk membuat ide dan mempresentasikannya melalui ‘I-Out of The Box Competition’. Kompetisi ini mengangkat tema ‘Promoting Padang’s Tourism, Post-Pandemic’, yang mengajak mahasiswa untuk ikut menemukan ide-ide yang bisa menjadi rekomendasi-rekomendasi promosi pariwisata Kota Padang. Kriteria penilaian kompetisi ini antara lain mencakup kreatifitas, keberlanjutan, dan kemungkinan diwujudkan.

Program elearn.id telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan menjadi bagian dari program XLFL yang diselenggarakan PT XL Axiata Tbk. Melalui elearn.id anak muda Indonesia bisa mendapatkan modul belajar berbagai keahlian atau soft skills secara gratis. Metode pembelajaran yang diterapkan di elearn.id mengkombinasikan antara video interaktif dan tulisan atau bacaan. Untuk mempermudah proses belajar, seluruh materi kursus elearn.id menggunakan Bahasa Indonesia.

Hingga saat ini, sebanyak lebih dari 52 ribu user telah memanfaatkan berbagai modul belajar di elearn.id. Ada lebih dari 30 modul keahlian yang berbeda, yang disampaikan oleh ahli di bidangnya, baik dari fasilitator XLFL, praktisi, maupun mitra elearn.id. Kegiatan kopi darat elearn.id telah dilaksanakan antara lain di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan, dan Universitas Prima Indonesia, Medan.

Program elearn.id disesuaikan dengan kebutuhan generasi muda Indonesia, di mana materi pembelajaran difokuskan pada keahlian yang bisa mendukung mereka mempersiapkan diri memasuki dunia profesional era digital. Website elearn.id dapat diakses menggunakan smartphone, maupun laptop atau PC, kapan saja dan di mana saja. Bagi masyarakat yang tertarik mengenal lebih jauh dan mengikuti program elearn.id ini, bisa langsung mengakses http://elearn.id/.

*Penandatanganan Kerjasama

Dalam pertemuan XL Axiata dan Universitas Andalas, dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) untuk peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya mahasiswa. Penandatanganan dilakukan perwakilan XL Axiata, Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi dengan perwakilan Universitas Andalas, Wakil Rektor 4 Bidang Perencanaan, Riset, Inovasi, dan Kerjasama Universitas Andalas, Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.

Kolaborasi antara XL Axiata melalui program XLFL dan Universitas Andalas akan terus berlanjut di masa mendatang melalui berbagai kegiatan yang memberikan manfaat besar bagi mahasiswa Universitas Andalas, Padang.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.