Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Wali Kota Semarang Raih Penghargaan Penggerak Zakat dari Baznas

0 1,102

METROJATENG.COM, SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, memperoleh penghargaan sebagai wali kota pendukung gerakan zakat Indonesia dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.

Penerimaan penghargaan pada ajang Baznas Awards 2022 yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta beberapa waktu lalu itu diwakili oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Dalam acara tersebut Baznas memberikan penghargaan kepada sejumlah menteri, para gubernur, bupati, wali kota, artis hingga Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan para pihak yang dinilai berjasa atas perkembangan zakat di tanah air melalui 184 kategori penerima penghargaan.

Atas diperolehnya penghargaan tersebut, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi mengucapkan terimakasih kepada Baznas. Menurutnya, penghargaan itu diperoleh berkat kesadaran dan dukungan dari masyarakat untuk membayar zakat melalui Baznas.

“Kami berharap penghargaan ini bisa semakin memotivasi masyarakat untuk sadar zakat dan menyalurkannya melalui unit-unit pengelola zakat yang ada, salah satunya melalui Baznas,” kata Hendi.

Dia menambahkan potensi zakat khususnya di Kota Semarang sangat besar. Dengan adanya kerjasama yang baik dengan Baznas Kota Semarang harapannya dapat memasimalkan potensi zakat khususnya dari para pegawai Pemerintah Kota Semarang.

“Dengan prosentase sekira 89,5 persen dari total pegawai negeri atau sekitar 8.900-an pegawai yang mayoritas muslim, maka potensi zakat yang bisa dikumpulkan dari penghasilan PNS Kota Semarang sangat besar,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Prof Dr H Noor Achmad MA menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung upaya peningkatan kesejahteraan umat melalui zakat.

“Baznas memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan mendukung upaya Baznas menyejahterakan umat melalui Baznas Award, yang kali ini melibatkan lebih dari 300 tokoh dan lembaga, dengan 184 pemenang. Ini menjadi kebanggaan bagi kami semua. Penerima penghargaan di tahun ini meningkat tajam dari tahun sebelumnya,” kata Noor Achmad. (abd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.