Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Peringati Hari Anak Nasional, PLN UP2D Jateng & DIY Gelar Talkshow

*Tentang Stimulasi dan Explorasi Tumbuh Kembang Anak

0

METROJATENG.COM, SEMARANG- PLN UP2D Jateng & DIY menyelenggarakan sebuah talkshow dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2024 dengan tema “Stimulasi dan Eksplorasi Tumbuh Kembang Anak”. Acara berlangsung pada Rabu (10/7/2024), bertempat di kantor PLN UP2D Jateng & DIY.

Dalam talkshow ini, PLN UP2D Jateng & DIY mengundang dua psikolog anak ternama, yaitu Nofianti, M. Psi, Psikolog, dan Fathurokhman, M.I.Kom, M. Psi, Psikolog, beserta tim yang terdiri dari tujuh orang profesional.

Acara ini dihadiri oleh 41 anak beserta ibu mereka dari pegawai dan tenaga alih daya PLN. Kegiatan dimulai dengan presentasi dari kedua psikolog yang memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai pentingnya stimulasi dan eksplorasi dalam tumbuh kembang anak.

Psikolog Klinis Anak, Remaja, dan Keluarga, Faturokhman menuturkan, stimulasi dan eksplorasi tumbuh kembang anak ini berfokus untuk melakukan observasi klinis terhadap aspek motorik, komunikasi dan interaksi, personal sosial, serta kemampuan fokus dan konsentrasi.

“Berbagai metode dan teknik yang dapat digunakan oleh orang tua untuk mendukung perkembangan sensorik dan motorik anak-anak mereka,” ujarnya.

Selain presentasi, acara ini juga diisi dengan pembagian bingkisan dan alat mewarnai kepada anak-anak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan motorik halus mereka.

Selanjutnya, anak-anak diberikan berbagai permainan yang dirancang khusus untuk melatih kemampuan sensorik dan motorik mereka.

Tidak hanya anak-anak yang mendapatkan manfaat dari acara ini, para ibu juga diberikan sesi hipnoterapi. Sesi ini bertujuan untuk membantu para ibu dalam mengelola stres dan meningkatkan kesejahteraan mental mereka, sehingga mereka dapat lebih optimal dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak mereka.

Manager PLN UP2D Jateng & DIY, Moh. Sadli mengatakan, anak-anak adalah masa depan yang dibangun hari ini. Didik dan ajarlah anak-anak dengan bijak dengan kasih sayang.

“Setiap anak memiliki potensi dalam diri mereka. Mari Rayakan Hari Anak Nasional dengan mengenali dan mengembangkan potensi yang mereka miliki,” katanya.

Dijelaskan, talkshow ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi para orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak mereka.

“PLN UP2D Jateng & DIY berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan – kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam rangka mendukung perkembangan generasi penerus bangsa. PLN UP2D JTY mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional yang ke 40,” tandasnya.(lan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.