Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Kunjungan Puan ke Sido Muncul Bukti Kepercayaan Masyarakat Terhadap Industri Jamu

DPR RI Komitmen Dukung Industri Jamu

0

 

METROJATENG.COM, SEMARANG– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)  berkomitmen untuk terus mendukung pelestarian jamu. Secara kelembagaan, DPR RI akan terus berupaya melakukan perlindungan secara regulasi, agar produk jamu tradisional ini bisa dipercaya dan terpercaya.

Hal tersebut dikatakan Puan Maharani, Ketua DPR RI, saat melakukan kunjungan kerja ke Pabrik PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, di Bergas, Kabupaten Semarang, Jumat (5/7/2024).

Turut mendampingi Puan Maharani, Anggota Komisi 3 dan Komisi 9 DPR RI, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, yang juga Ketua DPD PDIP Jateng; Bupati Semarang, Ngesti Nugroho,  dan Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang disambut oleh Direktur Utama Sido Muncul, David Hidayat, Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, dan jajaran managemen Sido Muncul.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengaku sangat bangga atas kunjungan tersebut. Kunjungan Ketua DPR RI ini merupakan keberkahan dan keberuntungan sekaligus bukti  kepercayaan,  masyarakat terhadap industri jamu

“Yang pasti saya sangat senang dikunjungi (Ketua DPR RI) dan ini merupakan keberkahan bagi kami, sekaligus bukti kepercayaan  yang diberikan pemerintah  kepada Sido Muncul. Yang berkunjung banyak lho ada komisi 3 dan komisi 9 DPR RI dan para bupati,” tandas Irwan Hidayat.

Pada kunjungan tersebut Puan menuturkan, melestarikan produk jamu merupakan salah satu bentuk cinta Indonesia, khususnya dalam pelestarian budayanya. DPR RI sendiri akan terus mendukung untuk pelestarian jamu, yang salah satunya produk Sido Muncul.

Danau Sido Muncul – Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Irwan Hidayat bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan para Bupati serta walikota melakukan foto bersama di depan danau di pabrik Bergas, Ungaran Jumat (5/7/2024. (tya)

“Melestarikan jamu sama saja cinta Indonesia, cinta budaya Indonesia. Kami berkomitmen untuk turut melestarikan produk jamu, khususnya Sido Muncul ini,” tutur Puan.

Puan mengaku, kedatangannya ke Sido Muncul untuk silaturahmi setelah hampir 5 tahun tidak berkunjung ke Sido Muncul. terakhir ia berkunjung saat menjadi Menko PMK.

Puan menjelaskan, untuk membangun kepercayaan masyarakat akan produk jamu tradisional sudah ada BPOM yang mengontrolnya. Melalui BPOM kita bisa melihat keamanan produk untuk dikonsumsi, termasuk bahan-bahan kita akan pastikan dari Indonesia.

“Dari sisi keamanan termasuk kepercayaan akan produk jamu tradisional, kita ada BPOM yang tentunya telah memastikan keamanan produk-produk jamu tradisional, termasuk jamu dari Sido Muncul,” jelasnya yang mengaku juga mengkonsumsi Tolak Angin Sido Muncul.

Sido Muncul sendiri, lanjut Puan, merupakan produk Indonesia yang sampai hari ini cukup terpercaya. Tidak hanya dari dalam negeri saja, tapi di luar negeri pun banyak yang menggunakan produk Sido Muncul.

“Saya ingin industri jamu Sido Muncul terus mengembangkan produk-produknya dan melakukan inonasi , agar jamu sebagai warisan budaya dapat dicintai masyarakat  dan budaya minum jamu menjadi tradisi masyarakat Indonesia,” tutur Puan. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.