Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Antisipasi Kerawanan Pilkada Serentak, Pemprov Jateng Tingkatkan Koordinasi Lintas Sektoral

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Guna mengantisipasi kerawanan pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Pemprov Jateng meningkatkan koordinasi lintas sectoral. Antara lain dengan pihak penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Bawaslu TNI, Polri hingga Kejaksaan Tinggi (Kejati).

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengatakan, potensi kerawanan dalam penyelenggaraan pilkada beragam. Mulai dari kompetisi antarparpol pendukung yang sangat intens, hoaks, hate speech, money politics, hingga netralitas aparatur sipil negara (ASN). Karenanya koordinasi dengan berbagai pihak terkait harus terus ditingkatkan.

“Kita maksimal dalam mengawal dan menyukseskan pilkada ini. Sehingga, butuh peningkatan sinergitas. Bahkan menurut perkiraan saya, pilkada ini lebih rawan dibandingkan pilpres”, kata Nana saat menerima kunjungan Komisi II DPR RI di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (4/6/2024).

Sehingga diperlukan keterlibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mengantisipasi konflik antarkelompok masyarakat pendukung.

Selain itu, lanjut Nana, perlu meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dengan instansi terkait. Tujuannya, agar dapat menjaga kondusivitas, kelancaran, dan ketertiban wilayah selama pemilu.

“Kami juga merangkul forum-forum (warga), supaya mampu menjaga kondusivitas wilayah”,jelasnya.

Pemantauan dan inventarisasi permasalahan selama tahapan pilkada, juga dilakukan melalui desk pilkada yang melibatkan instansi vertikal. Desk pilkada tingkat provinsi sampai kabupaten/kota pun sudah dibentuk. Posko Pilkada sudah disiapkan sampai di tingkat kabupaten/kota.

Pengamanan

Terkait pengamanan pilkada serentak di Jateng, Pemprov sudah menyiapkan Satlinmas. Seusai Pemilu 2024 pada Februari lalu, sudah ada 97.291 anggota Satlinmas yang mengikuti pelatihan.

Jumlah itu nanti masih akan bertambah sesuai dengan kebutuhan KPU, mengingat jumlah TPS yang diperkirakan akan digunakan untuk Pilkada di Jawa Tengah sebanyak 58.677 lokasi.

“Kami terus lakukan pengecekan dan koordinasi dengan KPU terkait kebutuhan personel Satlinmas di masing-masing TPS”, terang Pj Gubernur.

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono mengatakan, dukungan Pemprov Jateng untuk anggaran, fasilitasi dan SDM, termasuk dua linmas di tiap TPS, sudah disiapkan.

“Kami juga akan terus berkoordinasi, agar sebulan sebelum pemungutan suara itu sudah terpenuhi untuk petugas pengamanan TPS”, ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.