Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bakmi Pentil, Kuliner Wonogiri dengan Siraman Sambal Kacang

0

METROJATENG.COM, WONOGIRI – Bakmi pentil merupakan kuliner khas Wonogiri yang terbuat dari tepung kanji. Uniknya, setelah diolah menjadi mie, hidangan ini biasa disantap dengan siraman sambal kacang.

Pembuatan bakmi pentil cukup mudah. Pertama pati kanji diuleni dengan menggunakan air panas. Setelah itu, adonan ditunggu beberapa saat dan baru adonan diratakan. Adonan kemudian digulung seperti menggulung tikar dan kemudian baru dipotong-potong.

Salah satu penjual bakmi pentil di Wonogiri, Tumi menuturkan, untuk warna kuning pada mie, diperoleh dari campuran kunyit.

Menurutnya, bakmi pentil memiliki banyak sebutan, ada yang menyebutnya mie klolor, mie geol, mie pethel serta mie glondong. Namun, nama aslinya adalah mie tiwul. Sedangkan julukan bakmi pentil sendiri karena bentuknya mirip karet pentil yang ada dalam ban sepeda motor.

“Orang menyebutnya berbeda-beda, tetapi yang paling sering menyebut makanan itu bakmi pentil”, tuturnya.

Untuk menikmati bakmi pentil ini, masyarakat Wonogiri bisa menambahkan dengan sayuran yang diguyur bumbu kacang atau pecel. Sehingga hidangannya terdiri dari bakmie pentil, sayuran yang sudah dipotong-potong kemudian diguyur bumbu pecel.

Harga bakmi pentil ini cukup murah, untuk satu porsi hanya dijual Rp 4.000, sudah bisa menikmati bakmi pentil satu pincuk lengkap dengan pecel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.