Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Sinkronisasi Pembangunan, Agus Nur Hadie Tekankan Perlunya Sosialiasi RPD dan RPJP Banyumas Kepada Para Calon Bupati

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Menjelang pelaksanaan Pilkada Banyumas, Asisten Administrasi Umum Setda Banyumas, Agus Nur Hadie mengusulkan adanya sosialisasi terkait Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Banyumas Tahun 2024-2026 serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Banyumas Tahun 2025-2045 kepada para calon bupati Banyumas.

Sosialisasi bisa dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas dengan mengundang pihak-pihak terkait. Hal ini penting dilakukan, supaya ada sinkronisasi antara visi-misi bupati dengan RPD dan RPJP. Sehingga pembangunan di Banyumas yang sudah masuk perencanaan bisa dieksekusi dengan baik.

“Sangat penting untuk dilakukan sosialisasi tentang RPD Banyumas Tahun 2024-2026, karena masuk masa transisi dan RPJP Banyumas Tahun 2025-2045 yang tinggal penetapan. Siapapun bupati terpilih nantinya, maka RPD dan RPJP akan menjadi acuan dan calon bupati harus memahami hal tersebut”, terangnya, Jumat (3/5/2024).

Lebih lanjut Agus memaparkan, pada Perbup nomor 17 Tahun 2023, terangkum jelas rencana pembangunan daerah Banyumas, sekaligus juga permasalahan-permasalahan yang dihadapi Banyumas dalam semua sektor. Calon bupati yang akan membuat visi-misi, bisa mengambil salah satu penekanan isu pada salah satu sektor tersebut.

“RPD dan RPJP ini kamus besarnya seluruh permasalahan di Banyumas. Misalnya dalam segi pariwisata apa yang harus dipenuhi, kemudian bidang kesehatan apa saja yang masih kurang dan lainnya. Calon bupati dapat mengambil salah satunya untuk menjadi visi-misi. RPD dan RPJP  ini sekaligus juga sebagai jembatan antara pemerintahan lama dengan calon bupati terpilih”, terangnya.

Untuk dapat mewujudkan RPD dan RPJP, sehingga pembangunan Banyumas terarah, harus dibangun sinergitas antara eksekutif dan legislatif harus dibangun dengan baik. Temasuk juga sinergitas pentahelix antara pemerintah, masyarakat, akademisi, sektor swasta serta media harus dibangun sebaik-baiknya.

“Sinergitas pentahex ini mempercepat pembangunan di segala bidang, karena masing-masing pihak mengambil perannya masing-masing, namun tetap dalam satu kerangka acuan besar”, ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.