Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Ricuh, Polisi Bubarkan Aksi Hari Buruh di Semarang dengan Water Cannon

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Aksi memperingati Hari Buruh, Rabu (1/5/2024) di halaman kantor gubernur Jateng berujung ricuh. Polisi terpaksa membubarkan aksi gabungan buruh dan mahasiswa tersebut dengan water cannon.

Awalnya aksi para buruh berlangsung dengan tertib. Kemudian datang pasukan mahasiswa yang turut bergabung dan situasi mulai memanas. Mahasiswa memaksa untuk masuk ke kantor gubernur Jateng guna menyampaikan aspirasinya. Namun ditahan oleh polisi.

Aksi saling dorong tidak terhindarkan, hingga polisi kemudian menyemprotkan water cannon ke pengunjuk rasa. Setelah beberapa kali peringatan polisi tidak digubris oleh mahasiswa. Mereka tetap berusaha menaiki pintu gerbang untuk masuk ke kantor gubernur.

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Wiwid Ari Wibisono yang berada di lokasi mengatakan, pihaknya berupaya untuk menjaga aksi agar kondusif. Bahkan polisi sempat membagikan bunga kepada pengunjuk rasa. Namun, saat massa mulai sulit dikendalikan, akhirnya dikerahkan mobil komando pengendali massa dan water cannon.

“Kita telah menyiapkan 1.400 personel polisi untuk mengamankan aksi demo Hari Buruh di Semarang. Sebisa mungkin, kita pro aktif kepada pengunjuk rasa, namun keamanan juga harus tetap dijaga”, ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.