Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Daop 5 Purwokerto Tambah KA Penumpang Pada 4 Kereta

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Tingginya antusiasme masyarakat untuk menggunakan moda kereta api (KA), membuat PT KAI Daop 5 Purwokerto menambah KA penumpang pada empat kereta yaitu KA Wijayakusuma, KA Purwojaya, KA Kutojaya Utara dan KA Joglosemarkerto.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan, penambahan KA penumpang tersebut untuk mengakomodir tingginya antusiasme masyarakat yang ingin berlibur ataupun persiapan kembali bekerja pasca Lebaran.

“Penambahan rangkaian kereta di beberapa perjalanan tujuan Surabaya – Banyuwangi hingga tujuan Gambir Jakarta”, jelasnya, Minggu (14/4/2024).

Penambahan rangkaian kereta yaitu pada KA Wijayakusuma relasi keberangkatan dari Stasiun Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang Banyuwangi dengan menambah satu kereta kelas eksekutif, dengan kapasitas 50 tempat duduk. Kemudian pada KA Purwojaya relasi keberangkatan dari Stasiun Cilacap-Purwokerto-Gambir dengan menambah satu kereta kelas eksekutif kapasitas 50 tempat duduk dan pada KA Kutojaya Utara keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo-Pasarsenen dengan menambah satu kereta kelas ekonomi premium kapasitas 80 tempat duduk. Selain itu juga pada KA Joglosemarkerto relasi keberangkatan dari Stasiun Cilacap-Yogyakarta dengan menambah satu kereta kelas eksekutif kapasitas 50 tempat duduk.

“Untuk KA Wijayakusuma, KA Purwojaya dan KA Joglosemarkerto, penambahan tempat duduk tersebut mulai periode keberangkatan 17-21 April dan untuk KA Kutojaya Utara untuk periode keberangkatan 14-21 April 2024”, kata Feni.

Lebih lanjut Feni mengatakan, penambahan KA penumpang tersebut untuk meningkatkan pelayanan sekaligus mengakomodir penumpang yang belum mendapatkan tiket.

Arus Balik

Sementara itu, untuk pantuan volume penumpang pada arus balik, sampai dengan hari ini, Minggu (14/4/2024), jumlah penumpang berangkat atau naik sebanyak 28.800 penumpang, dari berbagai stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto.

Sedangkan puncak arus balik atau keberangkatan dari Daop 5 Purwokerto telah terjadi pada H+2 yaitu 13 April 2024 yang mencapai 31.290 penumpang. Secara kumulatif mulai tanggal 31 Maret hingga 14 April 2024, Daop 5 Purwokerto telah memberangkatkan total sebanyak 223.000 penumpang.

Sementara untuk penumpang tiba di wilayah Daop 5 Purwokerto menunjukkan penurunan angka yaitu tercatat sejumlah 22.000 penumpang atau turun 10,8 persen dibandingkan pada H+2 Lebaran dimana tercatat sebanyak 24.000 penumpang. Dengan demikian, kumulatif penumpang turun di masa angkutan Lebaran 2024 dari tanggal 31 Maret 2024 s.d 14 April 2024, total sebanyak 334.000 penumpang.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan adanya penambahan kereta yang telah dilakukan Daop 5 Purwokerto hingga berakhirnya masa angkutan Lebaran 2024”, ucap Feni.

Leave A Reply

Your email address will not be published.