Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Polri Kerahkan 4.992 Personil Amankan Pengumunan Hasil Pemilu 2024

0

METROJATENG.COM, JAKARTA – Polri siap mengerahkan sebnyak 4.992 personil untuk mengamankan tahapan pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024. Sebanyak 4.992 personel kepolisian telah diterjunkan untuk bersiaga di sekitar Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, personil yang dikerahkan untuk pengamanan pengumunan hasil pemilu, merupakan gabungan personil Polri Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

“Jumlah personel yang disampaikan pada titik pengamanan sebanyak 4.992 personel Polri, gabungan dengan stakeholder dan juga terdiri satgaspus atau pusat Mabes Polri dan juga satgas daerah yaitu Polda Metro Jaya”, jelasnya, Senin (18/3/2024).

Sementara terkait adanya aksi unjuk rasa menjelang pengumunan hasil Pemilu 2024, Trunoyudo menyampaikan, hal tersebut merupakan bagian dari demokrasi, yaitu kebebasan menyampaikan pendapat. Namun, ia mengimbau, hendaknya hal tersebut disampaikan sesuai dengan aturan.

 “Terkait dengan penyampaian atau kebebasan mengungkapkan pendapat di muka umum, tentu sudah diatur dalam peraturan undang-undangan. Artinya, semua berhak untuk menyampaikan pendapat secara konstitusi, namun tetap ada aturannya”, ucapnya.

Karenanya, untuk mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu kondusifitas, Polri melakukan pengamanan sesuai dengan koridor yang ada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.