Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

DPC PDI Perjuangan Banyumas Masih Cermati Kemungkinan Penambahan Kursi di Dapil II

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Banyumas masih cermati perolehan kursi di Dapil II Banyumas. Dari hitungan DPC, PDI Perjuangan mendapatkan 4 kursi di dapil tersebut, namun dari perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas, PDI Perjuangan hanya mendapat 3 kursi.

Ketua DPC PDI Perjuangan, dr Budhi Setiawan mengatakan, dari perhitungan di DPC, sisa suara PDI Perjuangan masih unggul dan bisa meraih kursi ke-4. Pihaknya masih menghitung ulang dan jika memang PDI Perjuangan pada posisi memenangkan kursi tersebut maka akan diperjuangkan.

“Dapil II masih menjadi perhatian kita, sebab dari hitungan kita, PDI Perjuangan pada posisi ke-8, tiba-tiba menjadi posisi ke-10. Maka akan kita cari kebenarannya”, kata dr Budhi kepada Metrojateng.

Namun, jika ternyata DPC yang salah hitung, maka DPC PDI Perjuangan akan menerima perhitungan KPU. Menurut dr Budhi, yang terpenting adalah mencari kebenarannya terlebih dahulu.

Tak Sesuai Target

Ketua DPRD Banyumas ini mengakui, jika perolehan suara PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 ini tidak sesuai target, termasuk dalam Pilpres. Banyak faktor yang mempengaruhinya dan yang paling dominan adalah gempuran bansos menjelang pencoblosan yang sangat massif.

“Faktor gempuran bansos itu luar biasa pengaruhnya. Untuk Pilpres, kita memang belum yakin jika prosesnya dllakukan dengan jurdil. Hal ini terlihat dari proses Sirekap yang aplikasinya masih semrawut, karena itu kita sepakat tidak menandatangani hasil rekapitulasi Pilpres”, jelasnya.

Sementara itu, dari hasil rekapitulasi perhitungan suara yang telah ditetapkan KPU Banyumas, untuk kursi DPRD Banyumas, PDI Perjuangan masih mendominasi dengan perolehan 17 kursi, disusul Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 9 kursi, Partai Gerindra 7 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6 kursi, Partai Golkar 5 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 2 kursi dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta Partai Nasdem masing-masing 1 kursi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.