Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Rotary Gandeng PRSI Gelar Swimming Champhionsip

600 Perenang Siap Berlaga

0

 

METROJATENG.COM, SEMARANG – Rotary Club of Semarang Bojong  berkolaborasi dengan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) akan menyelenggarakan kegiatan  Rotary Swimming Champhionship 1-3 Maret 2024 di GOR Jatidiri Semarang. Jumlah peserta yang sudah mendaftar tercatat 600 orang dari berbagai kategori.

Kompetisi ini menurut Ketua Panitia Vera Viniolita merupakan yang kedua setelah tahun sebelumnya sukses. Kegiatan merupakan Kolaborasi dengan PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Jawa Tengah, yang diikuti dari segala umur, sejak usia dini 6 tahun hingga usia senior (master) 80 tahun.

“Kompetisi ini bertujuan untuk mempromosikan gaya hidup sehat melalui olahraga renang, serta mencari bakat bakat potensial untuk mencari bibit unggul atlit renang Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Vera Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Fund Raising yang di selenggarakan oleh Rotary Club Semarang Bojong dan hasil dari kegiatan ini akan digunakan sebagai Charity dalam kegiatan pengabdian di masyarakat dalam kegiatan kegiatan kemanusiaan.

Hartadi Noertjojo Ketua umum Pengprov Akuatik Indonesia Jawa Tengah, menambahkan kolaborasi antara PRSI dan Rotary Club of Semarang Bojong telah berjalan 2 tahun ini bertujuan untuk mencari atlit berbakat. Bagi PRSI ini merupakan salah satu cara uji coba TIM Pelatda renang Jateng menuju persiapan PON Sumatera Utara tahun depan. 

Dipilihnya renang karena olah raga renang merupakan olah raga yang sangat strategis dan mampu banyak menghasilkan medali. Selain itu olah raga renang juga sangat menyehatkan, sehingga tidak heran peserta selalu melebihi target.

“Kompetisi sekaligus untuk seleksi dan mencari atlet-Atlet berbakat,” tambah Hartadi.

Untuk Tahun ini peserta yang telah mendaftar 600 perenang dalam 6 kategori, Kelompok Umur Senior , 12345 dan Kelompok Master 47 orang dalam 8 kategori. Nomer renang yang dilombakan juga cukup banyak ada sekitar 38 nomer yang dilombakan.

“Dari kompetisi ini akan diambil catatan waktu terbaik, sebagaimana yang ditargetkan dalam seleksi pencarian atlet berbakat,” tambah Hartadi.

Lili Santoso Presiden Rotary Club of Semarang Bojong periode 2022-2024, menambahkan  selain merupakan Fund Raising,  kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Ulang Tahun Bojong pada  23 Maret 2024 akan berusia 42 tahun.  Sebagai organisasi sosial International Rotary Club Semarang Bojong selama 42 tahun konsisten dalam berbagai kegiatan kegiatan kemanusian di 7 Area Fokus yang di arahkan oleh Rotary International yang berpusat di Illinois, Chicago.  Ke 7 Area Fokus dalam pengabdian kemanusiaan itu antara lain peacebuilding and conflict prevention/resolution, disease preventionand treatment, water, sanitation and hygiene, maternal and child health. Selain itu juga basic education and literacycommunity economic develompment dan supporting the enviropment.

Lili menambahkan, 7 Area Fokus ini sejalan dengan tujuan Rotary International yaitu melayani masyarakat, membangun hubungan persaudaraan, dan memajukan pemahaman antarbangsa untuk menciptakan perdamaian dan memperbaiki kondisi sosial di seluruh dunia. Rotary International juga berkomitmen pada konsep “Service Above Self” yang mengilhami para anggotanya untuk memberikan pengabdian tanpa mengharapkan imbalan serta berupaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang membutuhkan bantuan. Rotary International juga aktif dalam kegiatan sosial, kemanusiaan, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan penyediaan layanan kesehatan,” tambahnya.

Menurut Lili dalam kegiatan ini tidak hanya renang saja, terapi juga dilakukan kegiatan bazar atau sunday market yang diikuti UMKM kota Semarang. Para UMKM. dapat menjual produknya selama event berlangsung dengan sistim bagi hasil.

“ Jadi kegiatan ini tidak hanya memajukan atlet-atlet renang tetapi juga meningkatkan penjualan UMKM,” tutur Lili. (tya)

 

.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.