Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Banyak Permintaan, Bulog Jateng Salurkan 1.100 Ton Beras SPHP Setiap Hari

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Perum Bulog Jawa Tengah (Jateng) menyalurkan 1.100 ton beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) setiap harinya ke berbagai wilayah, karena banyaknya permintaan.

Pemimpin Wilayah Bulog Jateng, Akhmad Kholisun mengatakan, tingginya harga beras saat ini menyebabkan terjadinya panic buying di masyarakat. Sekalipun Bulog serta pemerintah daerah sudah menyatakan stok beras aman. Panic buying ini menyebabkan terjadinya peningkatan permintaan beras SPHP hingga dua kali lipat.

“Bulog sudah rutin menyalurkan beras SPHP kepada pedagang, namun karena permintaan meningkat, sehingga penyaluran SPHP cepat habis”, jelasnya.

Lebih lanjut Akhmad Kholisun mengatakan, gelontoran beras SPHP yang dilakukan Bulog diperuntukan bagi pedagang. Dengan catatan, pedagang harus menjual sesuai dengan harga eceran tetap (HET), yaitu Rp 54.500 per 5 kg. Dan bagi pedagang yang menjual beras SPHP tidak sesuai HET, akan dikenakan sanksi dengan dihentikannya suplai beras SPHP.

“Setiap harinya kita menyalurkan beras SPHP rata-rata 1.100 ton, bahkan kemarin sempat sampai 1.150 ton. Serapan beras SPHP di pasar dan took-toko memang sedang besar, begitu datang tidak lama langsung habis”, ucapnya.

Meskipun begitu, Bulog Jateng tetap mengupayakan untuk bisa terus menambah suplai beras SPHP sesuai dengan permintaan pasar. Penjualan beras SPHP ini ada yang kemasan 5 kg dan ada juga yang kemasan 10 kg.

Leave A Reply

Your email address will not be published.