Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

CITO Gelar Gathering Bersama Pelanggan di Kota Semarang

*Meriahkan Imlek 2024

0

 

 

 

METROJATENG.COM, SEMARANG-  Laboratorium Medis CITO menggelar kegiatan istimewa dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2024 yang bertepatan dengan tahun Naga Kayu bersama para pelanggan setianya di Kota Semarang, Jawa Tengah, hari ini Kamis 22 Februari 2024.

Bertema “Menyongsong Hoki dan Sehat di Tahun Naga 2024”, acara ini menghadirkan serangkaian sesi menarik yang dikemas secara apik.

Acara dibuka dengan sambutan oleh CEO Laboratorium Medis & Klinik Cito Grup, Dr Haryadi Ibnu Junaedi, SpB. Selanjutnya Healthy Talkshow: “Kenali Tubuhmu, Pasti Beruntung” Dalam sesi ini, para peserta diajak untuk memahami lebih dalam tentang kesehatan jantung dan manfaat status Farmakogenomik dalam penggunaan obat-obatan sesuai profil genetic kita.

Narasumber yang dihadirkan adalah dr. Lonah, Sp.FK,dokter ahli di bidang Farmakologi Klinik dan dr. Harry Pribadi, Sp.JP, FIHA, dokter Spesialis Jantung Dr Harry SpJP membahas tentang cara penanganan penyakit jantung yang banyak diderita oleh masyarakat, sejak diagnosa, kapan harus segera konsultasi ke dokter dan life style yang harus dilakukan.

Dalam kesempatan ini, Dr Lonah SpFK membahas berbagai hal tentang Pemeriksaan Farmakogenomik Cito, yang menempatkan Personal Medicine sebagai fokus utama. Personal Medicine memungkinkan terapi yang diberikan oleh dokter untuk memberikan efek maksimal yang sesuai dengan profil genetik pasien.

“Pemeriksaan pharmacogenomic, adalah sebuah tes DNA non-invasif yang dapat melihat respon tubuh terhadap lebih dari 160 jenis obat-obatan umum dengan mendeteksi SNP (single nucleotid). Cukup dengan melakukan pemeriksaan sekali seumur hidup, pasien dapat memperoleh informasi yang sangat berharga ini,” kata Dr Lonah SpFK.

Komisaris Utama CITO dr. Dyah Anggraeni, M.Kes, Sp.PK menambahkan, status Pharmacogenomic ini sangat bermanfaat bagi pasien khususnya pengguna obat-obatan jangka Panjang, antara lain penderita Diabetes Mellitus, Hipertensi, Gastritis, Peningkatan asam urat, anti kolesterol, Penderita penyakit jantung, Obat-obatan psikoanaleptik juga obat2an flu, batuk dan masih banyak lagi dengan harga mulai Rp 2,5 juta.

“Rekaman Hasil pemeriksaan dapat disimpan dalam bentuk soft file di Handphone anda, sehingga sewaktu-waktu dapat dibuka bila dibutuhkan. Hasil pemeriksaan tersebut dapat dikonsultasikan dengan dokter anda, maupun dokter Spesialis Farmakologi Klinik Cito bila dibutuhkan,” jelasnya.

Dalam acara ini, para peserta tidak hanya mendapatkan ilmu yang berharga dari para narasumber tersebut, tetapi juga dapat menikmati suasana yang meriah sesuai dengan tradisi perayaan Imlek serta kesempatan untuk mempererat tali silaturahmi.

Hal ini lebih terasa, pada saat acara makan malam yang diawali dengan tradisi hidangan “YEE SHANG” yang mewakili harapan akan kelimpahan hidup di tahun yang baru. Menyadari bahwa kesehatan dan kesejahteraan saling terkait, sesi kedua mengangkat tema prospek bisnis dan keberuntungan di tahun Naga 2024.

Adapun sebagai Narasumber adalah Mas Dian, MRE, ahli Fengshui yang sudah sangat dikenal, khususnya di lingkungan warga Jawa Tengah & Nasional , yang memberikan wawasan menarik tentang bagaimana mengoptimalkan peluang bisnis dan keberuntungan di tahun yang baru. Tahun ini CITO memasuki usia yang ke 57, dan telah mengoperasikan 25 cabang di 17 kota besar di Indonesia.

Diketahui laboratorium medis Cito kini menyediakan berbagai Paket pemeriksaan factor risiko Penyakit Jantung, mulai dari paket Sindroma Metabolik, Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner, Monitor Penderita Hipertensi, hingga pemeriksaan Petanda Penyakit Jantung (Cardiac Marker) yang lebih spesifik seperti :

1. Hs-CRP untuk memprediksi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, diabetes mellitus, dan sindrom metabolic

2. Troponin I berfungsi sebagai biomarker yang sangat sensitif dan spesifik pada nekrosis miokardium dan untuk diagnosis infark miokard akut

3. Troponin T penting dalam diagnosis serangan jantung karena dilepaskan ke aliran darah ketika terjadi kerusakan pada otot jantung. 4. Apo-A1 & Apo B berfungsi untuk menilai kejadian aterosklerosis. Rasio apoB/apoA1 merupakan penanda kuat risiko penyakit kardiovaskular

5. Small Dense-LDL (sd-LDL) terbentuk karena terjadi gangguan metabolisme lipoprotein seperti: obesitas, diabetes mellitus, dan sindrom metabolic

6. Lipoprotein (a) adalah salah satu jenis LDL (low density lipoprotein). LDL dapat menyebabkan penumpukan plak dalam aliran darah, sehingga memperlambat aliran darah arteri. Semakin tinggi Lp (a) dalam darah, semakin tinggi juga risiko penyakit kardiovaskuler (jantung koroner dan stroke).

7. NT-pro BNP digunakan sebagai biomarker dalam diagnosis dan treatment dalam gagal jantung dan penyakit jantung lainnya.

8. CK-MB umumnya digunakan sebagai biomarker dalam infark miokard akut, karena pada kondisi tersebut CK-MB akan meningkat 3-12 jam setelah sel miokard rusak, lalu puncaknya 24 jam dan akan kembali normal setelah 48-72 jam.

Cito telah memiliki 2 Cabang Laboratorium Medis Umum Utama pertama di Indonesia, yaitu merupakan Laboratorium medis, dengan kemampuan pelayanan pemeriksaan laboratorium dari 4 bidang Spesialisasi Laboratorium yaitu Dokter Spesialis Patologi Klinik, Dokter Spesialis Patologi Anatomi, Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik, Dokter Spesialis Parasitologi Klinik serta dilengkapi dengan Dokter Spesialis Andrologi dan Dokter Spesialis Farmakologi Klinik.

“Ini adalah upaya CITO dalam memberikan layanan yang lebih komprehensif dan berkualitas serta lebih dari sekadar pemeriksaan kesehatan, tetapi juga menjadi sahabat bagi kesejahteraan dan kebahagiaan seluruh komunitas masyarakat Indonesia,” tutup dr. Dyah Anggraeni.

Leave A Reply

Your email address will not be published.