Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pemkot Salatiga Gelar Pasar Murah Untuk Kendalikan Inflasi

0

METROJATENG.COM, SALATIGA – Pemkot Salatiga bekerja sama dengan Bulog Cabang Semarang menggelar Operasi Pasar (OP) beras pada empat kecamatan di Kota Salatiga. Pasar murah ini digelar guna menekan angka inflasi, khususnya harga beras yang terus mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Perdagangan Pemkot Salatiga, Kusumo Aji mengatakan, mekanisme penjualan beras dilakukan dengan menggunakan kupon yang telah dibagikan kepada warga. Hal ini dilakukan untuk membatasi pembelian dan memastikan beras didistribusikan secara merata.

“Harga beras medium Bulog dalam operasi pasar murah ini adalah Rp 104.000 per 10 kg atau Rp 52.000 per lima kg. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan harga beras di pasaran yang saat ini sudah mencapai Rp15.000 per kg”, jelasnya, Senin (19/2/2024)

Operasi pasar murah diawali di kompleks kantor Kecamatan Argomulyo. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Sidomukti, Tingkir, dan Sidorejo bakal digelar hari berikutnya. Sebanyak lima ton beras jenis medium Bulog disediakan pada tiap kecamatan.

Pj Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani mengatakan, operasi pasar murah ini merupakan salah satu upaya Pemkot Salatiga dalam menjaga harga pangan dan stabilisasi pasokan, khususnya beras.

“Khusus untuk beras ini, sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Tapi karena kemarin terkendala mau Pemilu dan momennya kurang pas, sehingga baru disalurkan hari ini”, ungkapnya.

Yasip Khasani juga berharap operasi pasar murah ini dapat membantu masyarakat mendapatkan beras dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga inflasi di Kota Salatiga dapat dikendalikan.

“Inflasi di Kota Salatiga masih di bawah nasional dan masih wajar di angka 2,96 dalam satu tahun. Tetapi kalau tidak ada langkah preventifnya, bisa jadi langsung naik nanti. Ini juga bisa mengakibatkan harga-harga lainnya juga naik”, tuturnya.

Warga Antusias

Warga pada empat kecamatan tersebut menyambut antusias gelaran pasar murah tersebut. Sejak pagi, warga sudah terlihat mengantre di lokasi untuk mendapatkan beras. Jumiyati, warga Ploso, Randuacir mengatakan, operasi pasar murah ini sangat membantu warga, mengingat sekarang harga beras terus naik.

“Beras sekarang mahal, jadi bisa membeli beras dengan harga murah ini sangat membantu ekonomi keluarga, apalagi bagi kita-kita yang memang penghasilannya pas-pasan”, ucapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.