Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bosan Dengan Olahan Durian Yang Itu-Itu Saja? Yuk Simak Resep Istimewa Khas Daerah Melayu

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO – Siapa sih yang tidak kenal dengan buah durian? Hampir semua orang menyukainya, apalagi jika dicampurkan dengan potongan cincau, kolang-kaling, es batu yang diserut dan ditambahkan susu kental manis dan sirup, jadilah es campur durian yang menyegarkan.  Tapi apakah kalian tahu jika durian bisa diolah menjadi lauk makanan?

Bagi masyarakat Sumatra dan Kalimantan pasti tidak asing dengan olahan durian yang bernama tempoyak durian. Makanan khas daerah Melayu ini berbahan baku buah durian yang telah di fermentasi.

Berikut adalah resep membuat tempoyak durian:

Bahan – bahan

Siapkan 2 buah durian lokal

Garam secukupnya

2 biji cabe rawit

Toples kaca dan tutupnya

Kain bersih

Cara membuatnya

Pisahkan daging durian dari bijinya lalu letakan di piring atau baskom.

Campurkan garam, cabe rawit yang telah diiris. Aduk daging durian dengan bahan-bahan tersebut sampai rata, setelah itu pindahkan ke dalam toples kaca dan tutup rapat.

Letakan kain bersih di atas tutup toples, lalu ikat erat dengan tali. Simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Fermentasikan sekitar 7 hari, setelah itu buka dan aduk rata. Simpan dalam kulkas.

Tempoyak dapat bertahan 1-2 minggu dalam kulkas. Berbagai olahan makanan dengan menggunakan bahan dasar tempoyak, menjadi sebuah sajian yang lezat dan nikmat.

Contoh olahan dengan bahan dasar tempoyak adalah sambal tempoyak teri dan pepes ikan tempoyak durian. Dimakan saat masih hangat dengan nasi putih , ditambahkan lalapan, sungguh sajian yang memanjakan lidah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.