Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Ekowisata Dorong Peningkatan Kualitas Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat

0

METROJATENT.COM, JAKARTA – Pengembangan ekowisata yang merupakan salah satu jawaban untuk mengurangi polusi yang bisa berdampak luas bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, harus terus diperluas.

“Pengembangan pariwisata yang mengarah ke wisata alam harus konsisten dilakukan karena merupakan salah satu jawaban mengatasi polusi sekaligus membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/9).

Pada pekesempatan mengunjungi Pameran Pariwisata di Jakarta, Minggu(3/9), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan
green tourism atau wisata hijau adalah salah satu solusi utama menghadapi masalah polusi udara saat ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada triwulan I 2023 secara kumulatif mencapai 2,5 juta kunjungan.

Jumlah itu meningkat pesat atau naik sebanyak 508,87% jika dibandingkan dengan capain periode sama tahun 2022. Bertumbuhnya jumlah pergerakan wisatawan ini tak terlepas dari kekayaan alam Indonesia. Hal itu menunjukkan ekowisata menjadi aset terbesar dalam pariwisata Indonesia.

Menurut Lestari, potensi yang dimiliki sektor wisata alam ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk menarik perhatian para calon wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Apalagi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, saat ini sejumlah kota di Indonesia sedang menghadapi ancaman polusi udara yang menyebabkan kondisi lingkungan permukiman menjadi tidak sehat dan berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat.

Percepatan pertumbuhan ekowisata, menurut Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, bisa dimanfaatkan sebagai salah satu upaya meredam dampak polusi udara melalui pelestarian lingkungan, sekaligus membuka peluang peningkatan kedatangan wisatawan.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu sangat berharap Pemerintah mampu mengambil langkah-langkah strategis dalam menghadapi setiap tantangan pada proses pembangunan.

Rerie menilai pengembangan dan perluasan ekowisata di sejumlah daerah merupakan salah satu langkah strategis yang secara konsisten dapat dilakukan dalam rangka mengakselerasi capaian pembangunan di sejumlah bidang.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.