Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bea Cukai Semarang Semester 1/2023 Ungkap 112 Kasus Peredaran Rokok ilegal

Berhasil Selamatkan Kerugian Negara. Rp10.476.573.841

0

METROJATENG.COM, SEMARANG Pemberantasan rokok ilegal menjadi salah satu tanggung jawab  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A (KPPBC TMP A) Semarang, dalam penindakan hukum sekaligus untuk melindungi masyarakat dari peredaran rokok ilegal. 

Kepala KPPBC TMP A Semarang  Bier Budi Kismulyanto mengatakan sejak Januari-Juli 2023 Bea Cukai Semarang berhasil melakukan 112 kali penindakan terhadap rokok ilegal. 

“Dari hasil pengungkapan 12.180.009 juta batang, dengan total nilai barang diperkirakan Rp15.285.911.295 berhasil diamankan dengan potensi kerugian negara karena tidak membayar Cukai dan pajak rokok ditaksir mencapai Rp10.476.573.841

Keberhasilan  ini lanjut Bier Budi tidak lepas dari peran serta aktif masyarakat, Pemerintah Daerah, Kejaksaan Negeri, dan aparat penegak hukum lainnya melalui kegiatan pengumpulan informasi barang kena cukai Ilegal, operasi pasar bersama, dan sosialisasi ketentuan dibidang cukai di wilayah masing masing.Bea Cukai Semarang berkomitmen penuh dengan merangkul seluruh jajaran masyarakat untuk melakukan pemberantasan peredaran Barang Kena Cukai Ilegal. 

Berdasarkan data yang kami rekapitulasi dalam kurun waktu Januari sampai dengan Juli 2023, Pemerintah Daerah tercatat telah melaksanakan kegiatan pengumpulan informasi barang kena cukai ilegal sebanyak 72 kali.  Kemudian, hasil Sinergi antara Bea Cukai Semarang dan Pemerintah Daerah dalam kegiatan operasi pasar bersama telah dilaksanakan 28 kali. 

Selain dua kegiatan tersebut, upaya pemberantasan barang kena cukai ilegal juga dilakukan melalui kegiatan sosialisasi ketentuan dibidang cukai t 71 kali. Sosialisasi ini  akan terus bertambah sampai dengan akhir tahun 2023. 

“Keberhasilan penindakan ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi pihak-pihak yang berupaya melakukan perdagangan ilegal,

Bea Cukai akan terus meningkatkan sistem pengawasan dan penindakan untuk menciptakan iklim industri yang fair dengan pengenaan cukai untuk setiap hasil tembakau (rokok) dan barang kena cukai lainnya serta melindungi masyarakat dari konsumsi barang-barang ilegal, tegas Bier Budi. (tya)

Rokok Ilegal – Kepala KPPBC TMP A Semarang Bier Budi Kismulyanto (dua dari kiri) saat melakukan pengecekan barang bukti puluhan koli rokok ilegal yang dibuat dalam truk yang siap dikirim ke sumatera oleh para tersangka.(tya)
Leave A Reply

Your email address will not be published.