Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Cek Filter Udara Motor untuk #Cari_Aman Berkendara

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Untuk selalu #cari_aman dalam berkendara, faktor kendaraan harus diperhatikan juga agar motor dipastikan dalam keadaan prima, salah satu hal yang perlu di cek adalah filter udara yang memiliki peran penting dalam proses pembakaran di dalam mesin.

Sejatinya filter udara memiliki fungsi menyaring udara bebas sebelum masuk ke ruang bakar atau sistem injeksi (throttle body) sebelum digunakan untuk proses pembakaran. Ada 3 macam jenis filter udara yang digunakan dimotor yaitu Urathane Foam sejenis busa yang biasanya ditemukan dimotor lama, Dry Paper berbahan kertas dan banyak dimanfaatkan sistem bahan bakar ke mesin menggunakan karburator, dan Viscous Paper Element dikenal dengan filter basah, meski berbahan dasar kertas, namun terdapat oli yang berfungsi untuk menahan debu masuk menerobos masuk ke dalam filter.

Kendaraan bermotor dengan filter yang kotor dapat dikenali indikasi awalnya dengan melihat konsumsi bahan bakar yang lebih boros dibanding sebelumnya, selain itu asap knalpot terlihat berwarna hitam diputaran tengah keatas, suara mesin akan terdengar lebih kasar dari sebelumnya, dan saat menyalakan mesin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya. Tentu saja bila dilihat secara jelas dari komponen fisik filter udara maka akan terlihat juga bila sudah kotor.

Dampak yang akan terjadi apabila filter tidak dirawat atau dibiarkan kotor membuat pasokan udara bersih terhambat, karbon sisa pembakaran dikepala silinder dan mahkota piston cepat menumpuk akibat rasio campuran bahan bakar dari ideal yang berakhir menurunnya performa mesin dan usia mesin karena bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama.

Senior Safety Riding Instruktur Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto menjelaskan, agar filter udara terjaga dan terawat, disarankan mengecek kondisi filter udara secara berkala dan dibersihkan sesuai petunjuk pembersihan masing – masing jenis filter udara, jika perlu bila melihat kondisi fisik atau kilometer menyatakan sudah terlampaui maka baiknya filter udara segera diganti.

“Filter udara akan menyebabkan penurunan kemampuan performa mesin dalam menghasilkan tenaga mesin. Secara Safety tidak akan membuat potensi bahaya namun akan mengubah perilaku motor seperti memiliki respon lebih lambat sehingga perlu kewaspadaan yang lebih,” kata Oke.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.