Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

140 Karyawan Swasta Ikuti Training #Cari_Aman Berkendara Bersama Honda Jateng

0 100

METROJATENG.COM, SEMARANG – Kali ini Team Safety Riding dari Astra Motor Jateng bekerjasama dengan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Noodle turut menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada karyawannya melalui Coaching Clinic #Cari_Aman berkendara. Pelaksanaan training ini dilangsungkan dalam 2 batch selama 2 hari dengan peserta di masing – masing batch sejumlah 70 peserta.

Pada training ini peserta ditekankan pada teknik berkendara yang benar, salah satunya adalah dari teknik pengereman yang mendapat banyak perhatian dan pertanyaan dari peserta. Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng pun menyampaikan perbedaan antara pengereman pada saat kecepatan rendah atau tinggi, pengereman yang efektif saat berkendara, dan tips melakukan pengereman dalam situasi panik. Selain itu setiap penjelasan diupayakan ada contoh ringan untuk memperkuat gambaran teknik pengereman yang benar.

Usai melakukan pengajaran teori dalam ruang, para peserta diberikan tantangan langsung berupa praktek dilapangan yang telah disiapkan oleh team Safety Riding dan dibantu oleh dealer motor Honda Pratama Kurnia Kasih Banyumanik. Menggunakan motor Supra X, hari pertama diberikan Latihan Static Balance untuk mengukur keseimbangan peserta dalam menggunakan motor.

Pada hari kedua, menggunakan motor CB150R dan Supra X, para peserta ditantang untuk melakukan Narrowplank yang ternyata menarik perhatian besar peserta karena seluruh peserta bersemangat ingin menaklukkan tantangan yang diberikan ini. Narrowplank sendiri merupakan latihan untuk mengukur keseimbangan dimana bikers harus berjalan lurus diatas papan besi yang telah disediakan dan berlama – lama menjaga keseimbangannya dengan posisi kaki di footstep motor. Bahkan, pimpinan divisi pun turut mencoba langsung tantangan ini dan menginstruksikan agar waktu pengajaran bisa ditambah 15 – 30 menit agar semua karyawan merasakan langsung Narrowplank tersebut padahal jam kerja telah usai.

“Mulai dari teori maupun praktek, baik di hari pertama maupun kedua, seluruh peserta sangatlah antusias dan aktif mengikuti coaching ini. Semoga pengajaran #Cari_Aman berkendara ini dapat bermanfaat dan diterapkan terus menerus selama melakukan aktivitas berkendara,” ujar Alfian Dian Pradana, saat penutupan Coaching Clinic kemarin.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.