Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Yuk Gunakan Mobile JKN, dan Raih Manfaatnya

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selama satu decade ini, telah terbukti memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia. Jutaan orang merasa terbantu karena mendapat jaminan perlindungan kesehatan yang memuaskan dan berkualitas.

“Tidak hanya dari segi layanan kesehatan saja, namun dengan menjadi peserta JKN memberikan ketenangan dalam aspek finansial saat sakit, terang Ahmad Yunus Prasetyo.

Sebagai peserta yang terdaftar sejak tahun 2014., menurutnya, kesehatan merupakan hak fundamental setiap masyarakat. Menjadi peserta JKN bukan semata-mata menghendaki imbal jasa atau hitungan untung rugim melainkan menjadi ladang berkah dan ibadah.

“Kesehatan itu sangat penting. Sehingga secara mandiri saya dan seluruh anggota keluarga mendaftarkan sebagai peserta JKN kelas satu. Idep-idep ibadah,” tuturnya.

Dia menceritakan awal mula hatinya tergerak untuk mendaftar sebagai peserta JKN. Didikan orang tua terutama sang ayah yang memantapkan hatinya memilih JKN untuk perlindungan kesehatanya dan keluarga. Apalagi, Program JKN ini ternyata memberikan segudang manfaat. Keluarganya dapat memanfaatkan untuk memeriksakan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan secara tidak langsung masyarakat juga terbantu dengan iuran yang telah ia bayarkan secara rutin. 

Sami’na Wa Atho’na yang artinya kami dengar dan kami taat. Saran ayah saya ternyata membawa keberkahan untuk kami sekeluarga. Iuran JKN yang kita bayarkan akan kembali untuk kita dan orang lain,” ucapnya.

Selain itu, Program JKN ini juga menawarkan berbagai kemudahan bagi peserta untuk mengakses pelayanan kesehatan, salah satunya melalui fitur pendaftaran pelayanan secara online melalui Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, fitur ini sangat membantu karena jika izin untuk mengantre ke fasilitas kesehatan terus menerus tentunya ada rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, dengan adanya pendaftaran layanan kesehatan secara online, Yunus dapat memilah-milah waktu yang tepat untuk tidak ijin. Dengan daftar online itu tidak membuatnya menunggu antrean di fasilitas kesehatan.

“Alhamdulillah dengan terdaftar sebagai peserta JKN semua pelayanan kesehatan terjamin, dan tidak ada kendala yang berarti. Apalagi berbicara terkait antrean tidak banyak juga karena sudah ada antrean online,” tuturnya.

Sejauh ini, Yunus  mengaku baru memanfaatkan fitur antrean online saja. Namun, ia sangat kagum dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Aplikasi Mobile JKN. Secara tampilan, aplikasi ini tidak menggunakan warna-warna yang mencolok sehingga nyaman bagi penglihatan saat dipakai.

“Bahkan untuk pembayaran iuran juga sudah dipermudah dengan adanya fitur autodebet.  Sehingga sangat membantu dan mengantisipasi Kartu JKN kita non aktif dan tidak ada lagi kata lupa membayar iuran,” ucapnya.

Apalagi belakangan ini, keluarganya terutama sang istri cukup sering memanfaatkan Program JKN. Terindikasi memiliki gejala yang mengarah pada kanker payudara, istrinya memperoleh rujukan dari dokter keluarga ke rumah sakit. Ia mengaku, selalu mengantar istrinya untuk kontrol rutin untuk memastikan kondisinya tetap sehat dan baik-baik saja. Lagi-lagi, Yunus memanfaatkan antrean online.

“Dengan kemudahan ini, pelayanan kesehatan baik di rumah sakit ataupun dokter keluarga bisa semakin mudah dan lancar. Dokter pun melayani dengan ramah. Perawatan yang didapatkan istri saya sangat lengkap, keseluruhan biaya pelayanan kesehatan sudah tercover sampai obat-obatan yang harus diambil pada instalasi farmasi. Sempat saya browsing-browsing berapa harga perawatannya ternyata cukup mahal juga apabila di kalkulasikan,” ungkapnya.

Begitu berartinya pelayanan JKN yang ia terima, Yunus berharap agar seluruh masyarakat bergotong royong mendukung Program JKN ini. Beragam inovasi kemudahan diberikan agar peserta JKN merasa nyaman dan tidak terkendala dalam pemanfaatannya. Tak lupa, dia juga mengajak seluruh peserta JKN mengunduh Aplikasi Mobile JKN.

“Ayo kita semua mengunduh Aplikasi Mobile JKN dan manfaatkan fitur yang ada di dalamnya. Layanan JKN dapat kita akses hanya dalam satu genggaman,” pungkasnya. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.