Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Pemkot Semarang SampaikanWartawan Sebagai Elemen Penting dalam Pembangunan Kota

*Pemkot Apresiasi PWI yang Ikut Kenalkan Visi Semarang sebagai Kota Pariwisata dan Jasa

0

METROJATENG.COM, SEMARANG – Pemkot Semarang sejak era kepemimpinan Hendrar Prihadi lalu diestafetkan ke Hevearita Gunaryanti Rahayu, punya komitmen menempatkan wartawan sebagai elemen penting dalam pembangunan kota.

Maka Pemkot mengenalkan konsep 4P dalam bingkai Bergerak Bersama, antara Pemerintah, Penduduk, Pengusaha, dan Pewarta yang memiliki kemampuan untuk mengamplifikasi program dan capaian kerja Pemerintah.

Hal itu disampaikan Plh Wali Kota Semarang Iswar Aminuddin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata R Wing Wiyarso Poespojoedho, dalam welcome dinner acara Village Tour di Kampung Jawi, Gunungpati, Kamis (2/3) malam.

”Wartawan memiliki fungsi sebagai roda penggerak pembangunan sebuah kota,” tegas Iswar.

Kegiatan village tour ini adalah bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tingkat Jateng. Sasaran destinasi di Gunungpati, di antaranya Goa Kreo, Desa Wisata Kandri, Waduk Jatibarang, dan Kampung Jawi.

Pada kesempatan itu, Iswar mengapresiasi kegiatan village tour dan lomba jurnalistik yang diselenggarakan di Gunungpati. Agenda ini, kata dia, merupakan bagian dari mengenalkan visi Semarang sebagai kota pariwisata dan jasa.

Meskipun berstatus kota metropolitan, ujar dia, Semarang begitu komplet karena memiliki wisata desa dan alam.

”Inilah potensi Semarang yang dapat menjadi potensi ekonomi untuk bangkit dari pandemi. Saya berharap rekan-rekan wartawan men-syiarkan program dan potensi wisata Kota Semarang khususnya Kampung Jawi ini guna pemberdayaan ekonomi warga dan UMKM,” tambahnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Kadinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kota Semarang Soenarto, Sekretaris Komisi D DPRD Anang Budi Utomo, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS bersama jajaran, dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sri Mulyadi.

Brand Kegiatan PWI

Di bagian lain, Ketua PWI Amir Machmud NS menyebut, HPN 2023 terasa istimewa karena digelar di ibu kota Jateng. Maka dari itu, pihaknya berterima kasih kepada Wali Kota Semarang yang mensupport dan menerima permintaan PWI sebagai tuan rumah HPN 2023 tingkat Jateng.

Acara puncak HPN sendiri, kata Amir, akan digelar di Gradhika Bhakti Praja pada Jumat (3/3) malam ini.

Dia menambahkan, membarengi kegiatan HPN 2023 berkonsep ‘Goes to Campus’ yang bersifat intelektual dan akademik, pihaknya juga menggelar kegiatan lain yang berciri atau menjadi brand PWI yaitu kegiatan yang bertautan pengembangan pariwisata.

”Alhamdulillah malam ini, kita bisa menikmati eksotika Kampung Jawi yang tak pernah kita bayangkan. Betapa di kawasan ini, ada keindahan luar biasa,” katanya.

Dalam Tour Village ini, puluhan wartawan dari berbagai kabupaten/kota di Jateng diajak menyaksikan panorama Goa Kreo dengan lanskap pepohonan dan waduk Jatibarang. Di sini peserta menyaksikan aksi terampil monyet-monyet ekor panjang penghuni Goa Kreo melakukan panjat pinang.

Sesuai jadwal, pada Jumat (3/3) pagi, peserta mengunjungi lokasi wisata Kandri dan sekitarnya, serta mendapatkan pembekalan lomba jurnalistik bertajuk ”Semarang Rumah Kita” dari Disbudpar Kota Semarang.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.