Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Tiket KA Lebaran Sudah Dapat Dipesan Mulai 26 Februari

Jumlah Penumpang Lebaran Diprediksi Meningkat 10 Persen

0

 

METROJATENG.COM, SEMARANG – Masyarakat mulai 26 Februari 2023 sudah dapat memesan tiiket kereta api (KA) 1444 H. Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Kepala Daop 4 Semarang  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Wisnu Pramudyo mengatakan, khusus penjualan tiket Angkutan Lebaran kali ini, KAI menerapkan kebijakan dengan aturan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sehingga per 26 Februari 2023, pelanggan sudah dapat membeli tiket untuk keberangkatan 12 April 2023. Pada kondisi normal selain di luar masa Angkutan Lebaran, KAI menerapkan kebijakan untuk penjualan tiket KA Jarak Jauh mulai H-30 sebelum keberangkatan.

“Perubahan ini dilakukan untuk semakin meningkatkan pelayanan serta memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa Angkutan Lebaran,” jelasnya kepada awak media Jumat (17/2) di Stasiun Semarang Tawang.

KAI mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, rute, serta data diri pada saat melakukan pemesanan. Dalam rangka menghadapi Angkutan Lebaran ini, KAI akan melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia.

“Jadi rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun. Jangan sampai keliru dan akhirnya tidak bisa mudik Lebaran,” tambahnya.

Selain itu KAI bersama seluruh stakeholder akan melaksanakan kegiatan Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di seluruh wilayah operasi kereta api. Para petugas KAI juga terus dipersiapkan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

“KAI mengajak masyarakat agar menggunakan kereta api sebagai transportasi di masa Angkutan Lebaran yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata Wisnu.

Berapa jumlah tiket KA yang disiapkan, menurut Wisnu masih belum dapat dijelaskan secara rinci. Namun diprediksi pada angkutan lebaran tahun ini diprediksi akan meningkat 10- 15 persen, bahkan bisa lebih, mengingat pandemi sudah makin melalui. (tya)

Leave A Reply

Your email address will not be published.