Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

FTIK USM Gelar Festival KOMED 2022

*Ajak Generasi Muda, Rangkul Perbedaan dan Bersatu

0 110

METROJATENG.COM, SEMARANG – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang menyelenggarakan Festival Komunikasi Edukasi (KOMED) dengan tema “Embrace the Difference” pada Kamis, 12 Januari 2023 di auditorium Ir. Widjatmoko Universitas Semarang pukul 10:00–20:00 WIB.

Festival KOMED yang diselenggarakan pada tahun ke-3 ini ditujukan kepada siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum. Dengan mengundang beberapa komunitas berlatar belakang yang berbeda, acara ini diselenggarakan sebagai ajang untuk mengajak masyarakat khususnya generasi muda agar dapat merangkul perbedaan yang terjadi di lingkungan sosial. 

Festival Komunikasi dan Edukasi adalah salah satu program kegiatan yang dikelola secara mandiri oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, FTIK Semarang sebagai kolaborasi antara mata kuliah Komunikasi Pemasaran dengan Internal Media & Relations.

Rosalinda Firdaus, sebagai ketua panitia terpilih menyebutkan bahwa, “Embrace the Difference” dipilih menjadi tema penyelenggaraan festival KOMED dengan tujuan mengajak siswa SMA/SMK, mahasiswa dan masyarakat untuk merangkul perbedaan serta mengedukasi tentang bagaimana menghadapi dan menerima perbedaan agar tetap harmonis. 

Sementara, Edi Nurwahyu Julianto, selaku Ketua Jurusan / Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi mengatakan bahwa, Festival Komunikasi dan Edukasi menjadi salah satu penerapan dari kebijakan Merdeka Belajar yang memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kreativitas generasi muda secara luas, dan khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi itu sendiri.

Selain itu juga, Edi Nurwahyu mengharapkan melalui festival KOMED mampu menciptakan peluang kerjasama dengan berbagai pihak, seperti instansi pemerintah, swasta, media dan berbagai komunitas yang menjadi stakeholders Ilmu Komunikasi FTIK Universitas Semarang. 

Setelah vakum pada masa pandemi, Festival KOMED kembali pada tahun ketiganya dengan diwarnai oleh berbagai rangkaian acara. Festival KOMED dimulai dengan seminar mengenai konten digital yang melibatkan pembicara dari alumni Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, seperti Ade Sulistio (Content Creator Digital) dan Gulang Candra (Founder Canay Management), workshop dan  coaching clinic bidang jurnalitik dan komunikasi strategis, serta performance dari komunitas, yakni Gembel Crew, Read Aloud Semarang, SEMBARA, GaGeGo Musik Kampoeng, Hocer, S-Teen PSHT, dan Stand Up Comedy Semarang. Pada penghujung acara akan dimeriahkan oleh penampilan dari grup musik RA.BERSINAR.

Festival KOMED secara keseluruhan memberikan perhatian pada dunia komunikasi dan segala perkembangannya yang dibarengi dengan edukasi mengenai isu tertentu agar generasi muda mampu untuk memilah berbagai kegiatan positif.

Oleh karenanya festival ini juga memberikan ruang bagi alumni Ilmu Komunikasi untuk terlibat dalam sesi seminar dan coaching clinic, untuk memberikan gambaran secara lugas tentang komunikasi dan berbagai bidang ilmu yang dapat digeluti. Ilmu Komunikasi, FTIK Universitas Semarang telah terakreditasi B melalui SK Dirjen Dikti No. 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014.(ndi) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.