Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Penguatan Nilai -Nilai Kebangsaan Modal Dasar dalam Proses Pembangunan

0

METROJATENG.COM, DEMAK – Disrupsi dan pandemi yang menyebabkan berbagai perubahan harus mampu dihadapi bersama lewat pemahaman yang baik setiap warga negara terhadap nilai-nilai kebangsaan.

“Berbagai perubahan yang terjadi saat ini memang harus dihadapi bersama dengan memperkuat semangat kebangsaan masyarakat luas,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat secara daring pada acara Sosialisasi Empat Konsensus Dasar Bangsa di Aula DPD Partai NasDem Kabupaten Demak, Rabu (28/12).

Hadir pada acara itu 150 orang terdiri dari relawan SANTRI (Solidaritas Anak Negeri Tetap Lestari) Kabupaten Demak, Bambang Dwi Haryadi (Koordinator SANTRI Jawa Tengah II), Adi Cahyono (Koordinator SANTRI Kabupaten Demak).

Menurut Lestari, nilai-nilai kebangsaan yang diwarisi oleh para pendiri bangsa sarat terkandung pada empat konsensus kebangsaan yang mereka spekati dalam proses berdirinya negeri ini.

Keempat konsensus kebangsaan itu, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang merupakan landasan nilai-nilai harus kita pahami dan amalkan sebagai generasi penerus bangsa.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu menilai, penanaman pemahaman nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sangat penting bagi setiap anak bangsa dalam rangka membangun karakter kebangsaan yang kuat.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berpendapat dengan karakter kebangsaan yang kuat, setiap anak bangsa akan mampu menjawab berbagai tantangan.(nda)

Leave A Reply

Your email address will not be published.