Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

BBPVP Semarang Kembali Gelar Mini Job Fair 2022

835 Pencari Kerja Siap Mengikuti Baik Ofline Maupun Online

0 134

METROJATENG.COM, SEMARANG – Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang, bekerjasama dengan Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri (FLKPI) menyelenggarakan event Mini Job Fair 2022. Event ini digelar setelah 2 tahun lebih vakum akibat pandemi COVID 19.

Kepala Kantor BBPVP Semarang Heru Wibowo mengatakan   event ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2016.

 “Mini Job Fair 2022 ini mengambil tema “Cari Kerja Itu Mudah” disingkat “CiKa Imud” diikuti 38 perusahaan lokal, nasional dan multinasional, ” jelas Heru Wibowo di ruang kerjanya , Selasa (17/5).

Pada event kali disediakan  2.000 lebih lowongan pekerjaan, untuk 100 lebih  posisi jabatan. Kegiatan Mini Job Fair 2022 ini diselenggarakan selama satu hari yaitu pada hari kamis, 19 Mei 2022 Menurut Heru Mini Job Fair 2022 ini dilaksanakan secara  online menggunakan aplikasi SIAPKerja (jobfair.kemnaker.go.id) dan offline calon pekerja dapat langsung datang  di Auditorium BBPVP Semarang, Jl. Brigjend Sudiarto 118 Pedurungan, Semarang.

“Sampai saat ini jumlah pencari kerja (Pencaker)  yang telah terdaftar Job Fair tercatat 835 orang. Jumlah ini yang akan hadir langsung (offline) 20%, untuk yang rencana hadir online 38,5% dan rencana hadir online maupun offline 41,4%,” jelas Heru Wibowo.

Kegiatan job fair 2022 ini akan dimeriahkan jdengan kegiatan lainnya seoerti bazar  yang akan memamerkan dan menjual produk-produk  hasil karya peserta pelatihan/ alumni BBPVP Semarang.Talk Show yang mengahadirkan narasumber dari CEO Apparel One Indeonesia (AOI), HRD Sritex, Kadin Kota Semarang dan Kepala BBPVP Semarang

Selain itu juga  Fashion Show  hasil karya peserta pelatihan BBPVP Semarang, . Lauching NakerPreneur Organisasi bisnis alumni PBK BBPVP Semarang.

Dijelaskan Heru Wibowo  tujuan kegiatan ini secara umum, untuk mengurangi angka pengangguran. Adanya Mini Job Fair 2022 ini diharapkan  dapat menjadi jembatan untuk mempertemukan pencari kerja dan penyedia (perusahaan), yang  sesuai dengan bakat, minat dan kompetensi para pencari kerja.

Sedangkan  dari sisi perusahaan dapat membantu perusahaan menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.Secara khusus lanjut Heru Wibowo kegiatan ini juga untuk mempromosikan sumber daya pelatihan BBPVP Semarang.

“Kami berharap kegiatan ini dapat menyerap  ratusan pencari kerja yang berasal dari kota Semarang maupun kota-kota lainnya di dunia kerja maupun dunia industri,” ujarnya.

Pada kesempatan ini BBPVP Semarang membuka pelatihan berbasis kompetensi tahap 4, Pelatihan ini diikuti oleh 160 peserta yang terbagi dalam 10 program pelatihan.(tya)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.