Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Penuhi Kebutuhan Uang Baru Bank Indonesia Siapkan  Rp 22,7 Triliun

Sediakan 425 Titik Layanan di Wilayah Jateng-DIY

0 276

METROJATENG.COM, SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) wilayah provinsi Jateng  dalam memenuhi kebutuhan lebaran menyiapkan uang kartal baru  Rp 22,7 Trilium (BI Jateng, BI Purwokerto, BI DIY dan BI jateng). Jumlah ini meningkat 11 persen dibanding tahun sebelumnya sekitar Rp 22,10 triliun.

Menurut kepala  KPwBI Rahmat Dwisaputra dalam penukaran uang baru ini BI bekerjasama dengan 56 perbankan. Penukaran uang baru dapat dilakukan di 425 titik mulai tanggal Senin (4/42022).

Mengenai persyaratan untuk penukaran uang baru masyarakat cukup membawa KTP. Setiap warga dapat melakukan penukaran dengan sistem.paket dan satu paket Rp 3,8 juta.

“Satu  paket Rp 3,8 juta ini terdiri dari 100 lembar pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000 dan Rp20.000. Guna menghindari antrian panjang masyarakat juga dapat melakukan penukaran melalui  mobil kas keliling Bank Indonesia atau apilaksi Pintar Bank Indonesia https://pintar.bi.go.id)” jelas Rahmat Dwisaputra usai membuka Kick Off Serambi Rupiah Ramadhan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jateng.

Rahmat Dwisaputra menambahkan dalam penukaran uang baru ini masyarakat dihimbau untuk melakukan penukaran uang kartal baru di outlet yang sudah disediakan BI atau perbankan yang ditunjuk. Ini penting agar masyarakat terhindar dari biaya tambahan dan kemungkinan mendapatkan uang palsu.

“Saya himbau masyarakat menukarkan uang baru di bank bank yang sudah ditunjuk seperti bank Mandiri, Bank BTN, bank BNI 46, Bank BCA dn lainnya. Ini penting agar masyarakat terhindar dari tambahan biaya dan mendapatkan uang palsu” ungkapnya.

Regional Operations Head Bank Mandiri Region VII/Jawa 2, Nur Iwan Soeyanto mengatakan, setiap cabang Bank Mandiri siap melayani penukaran uang kartal baru. Untuk jumlah rata-rata tip cabang akan menyediakan Rp 190 juta. Setiap masyarakat dapat menukarkan uang baru Rp 3,8 juta. (tya)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.