Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Mulai April, Stasiun Gumilir Cilacap Kembali Layani Penumpang

0

METROJATENG.COM, PURWOKERTO –  Setelah selama 7 tahun tidak ada kereta api (KA) berhenti di Stasiun Gumilir, Cilacap, mulai bulan April 2022 ini, Daop 5 Purwokerto kembali mereaktivasi layanan penumpang di stasiun tersebut.

Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, reaktivasi Stasiun Gumilir ini karena mengakomodir permintaan penumpang yang sebagian besar warga Cilacap. Mengingat dengan berhentinya KA di Stasiun Gumilir akan mempermudah warga yang hendak bepergian jauh.

“Permintaan masyarakat tersebut disampaikan langsung melalui Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamudji kepada kami, sehingga mulai bulan April ini kita akomodir permintaan mereka,” jelas Daniel.

Dengan kembali beroperasinya Satasiun Gumilir melayani penumpang ini, maka sejumlah KA lintas selatan yang sebelumnya hanya melintas di stasiun tersebut, mulai sekarang akan berhenti untuk melayani naik dan turun penumpang.

Lebih lanjut Daniel menjelaskan, Stasiun Gumilir akan melayani 4 perjalanan  kereta api jarak jauh (KAJJ) pulang pergi (PP) dan 6 kereta api aglomerasi dengan berbagai kota tujuan. KA yang berhenti di Stasiun Gumilir antara lain, KA Wijayakusuma, KA Purwojaya, KA Joglosemarketo dan KA Kamandaka.

KA Wijayakusuma merupakan relasi Ketapang – Cilacap, dengan jam kedatangan di Stasiun Gumilir pukul 02.05 WIB dan keberangkatan pukul 02.07 WIB dan untuk relasi Cilacap – Ketapang, kedatangan pukul 15.21 WIB dan keberangkatan 15.23 WIB. Untuk KA Purwojaya relasi Gambir – Cilacap, kedatangan pukul 05.06 WIB dan keberangkatan pukul 05.12 WIB, sedang untuk relasi Cilacap – Gambir, kedatangan pukul 14.36 WIB dan  keberangkatan pukul 14.38 WIB.

Sementara KA Joglosemarkerto relasi Cilacap – Yogyakarta, waktu kedatangan pukul 06.11 WIB dan keberangkatan pukul 06.13 WIB, relasi Yogyakarta – Cilacap, kedatangan pukul 09.08 WIB dan keberangkatan pukul 09.10 WIB. Selain itu ada juga KA 232C relasi Cilacap – Yogyakarta dengan waktu kedatangan pukul 10.01 WIB dan keberangkatan pukul 10.03 WIB, serta KA 223B relasi Yogyakarta – Cilacap, kedatangan pukul 14.10 WIB dan keberangkatan pukul 14.14 WIB
.
Sedangkan untuk KA Kamandaka relasi Semarang Tawang – Cilacap jam kedatangan pukul 13.14 WIB dan keberangkatan pukul 13.16 WIB. serta relasi Cilacap – Semarang Tawang waktu kedatangan pukul 14.06 WIB dan keberangkatan pukul 14.12 WIB

“Untuk reaktivasi angkutan penumpang di Stasiun Gumilir, PT KAI Daop 5 Purwokerto telah melakukan sejumlah persiapang guna mendukung layanan penumpang. Diantaranya mempersiapkan Check-in Counter (CIC), pintu boarding dan menyediakan juga beberapa fasilitas pendukung lainnya seperti fasilitas tempat parkir ,ruang tunggu, toilet, tempat sholat,” terang Daniel.(nng)

Leave A Reply

Your email address will not be published.