Metro Jateng
Berita Jawa Tengah

Bantu UMKM Naik Kelas, Shipper Dukung Peningkatan Perekonomian Jateng

0 528

METROJATENG.COM, SEMARANG –  Sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi Indonesia, Shipper mendukung Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah dalam memberdayakan dan membina UMKM di Jawa Tengah. Salah satu wujud komitmen ini adalah berkolaborasi dengan pihak Dinas Koperasi Provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan ‘Ngobrol Usaha Mancing Ilmu’ (Ngucing), bertema ‘Kemasan Apik, Pasar Melirik’, pada Kamis (17/3/2022), di Aula Gatot Kaca, Semarang.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari serangkaian acara Shipper dalam rangka turut mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di daerah-daerah, termasuk Jawa tengah. Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta UMKM binaan Dinas Koperasi UMKM Semarang, serta Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah, dan DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Di era pesatnya pertumbuhan e-commerce, peran digital logistik sangat penting untuk membantu pelaku UMKM dalam mengatasi berbagai tantangan supply chain.

Even Alex Chandra, selaku AVP External Affairs Shipper menyampaikan, potensi perkembangan ekonomi digital dan e-commerce, khususnya bagi pelaku usaha UMKM ini perlu didukung oleh solusi logistik yang holistik.

“Shipper sejak awal hadir untuk menawarkan solusi logistik digital terintegrasi dari hulu ke hilir untuk menekan biaya logistik sehingga dapat memudahkan pelaku usaha. Para pelaku UMKM adalah salah satu mitra kami yang senantiasa kami dukung dan fasilitasi kebutuhannya untuk dapat naik kelas. Dengan solusi yang kami tawarkan ini kami berharap para pelaku usaha dapat lebih fokus kepada kegiatan produksi dan pemasaran mereka,” jelas Alex.

Senada dengan Alex, Ema Rachmawati, Kepala Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jawa Tengah juga mengajak pelaku UMKM Semarang, untuk berkolaborasi memajukan wilayahnya.

“Kami selama ini selalu berkomitmen penuh dalam mendorong setiap daerah mengembangkan potensinya masing-masing, demi perkembangan ekonomi daerah dan nasional. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku UMKM di Jawa Tengah semakin terampil dan terus berinovasi dalam menampilkan produk-produk yang memenuhi kebutuhan saat ini, serta semakin tertarik untuk mengembangkan pasar baik di dalam maupun di luar negeri,” ujarnya.

Sebagai solusi untuk membantu UMKM naik kelas, Shipper mengedukasi, mendampingi dan mengembangkan UMKM melalui berbagai kelas yang diadakan secara rutin. Kelas ini berupa pelatihan dan pendampingan diadakan hampir setiap minggu dengan berbagai materi antara lain: penggunaan media sosial untuk pemasaran, pengembangan bisnis dan produk, kiat memperluas pasar, meningkatkan keuntungan, menaklukkan pasar.

Saat ini terdapat 4,2 juta UMKM yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Tengah. Digitalisasi diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan UMKM. Di Jawa Tengah, Shipper memiliki beberapa gudang yang salah satunya berlokasi di Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50182.

Alex juga menegaskan, dngan kolaborasi, pihaknya percaya Shipper dapat tumbuh bersama dengan masyarakat Jawa Tengah.

“Kami siap membantu dengan memberikan solusi agar masyarakat Jawa Tengah dapat berkembang pesat,” tandasnya.(ris)

Leave A Reply

Your email address will not be published.